PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) terus menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Atas upaya-upaya tersebut, PGE meraih penghargaan Best Social Innovation Program New and Renewable Energy (NRE) Company dan Special Awards ESG Pioneer atas komitmennya terhadap pemenuhan aspek ESG dalam pengelolaan bisnisnya.

Penganugerahan penghargaan ini diberikan pada ajang Energy and Mining Editor Society (E2S) Award 2023 yang bertempat di DoubleTree by Hilton Hotel, Jakarta pada Jumat (12/01).

Penghargaan bagi PGE diterima langsung oleh Direktur Utama PGE Julfi Hadi, yang juga mendapatkan predikat Best CEO NRE Company. Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PGE Kitty Andhora, mendapatkan predikat sebagai Best Corporate Secretary, pada ajang yang sama.

Direktur Utama PGE Julfi Hadi mengungkapkan apresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh E2S kepada PGE. “Fokus kami saat ini adalah untuk menjadi green company. Keberhasilan bisnis geothermal tidak hanya diukur dari keberhasilan finansial semata, tetapi juga oleh dampak positif yang kita berikan pada lingkungan dan masyarakat,” jelas Julfi.

Maka dari itu, lanjut Julfi, “Dalam setiap langkah, kami berkomitmen untuk merangkul tanggung jawab sosial, lingkungan, dan tata kelola sebagai bagian integral dari Perseroan.”

Penghargaan Best Social Innovation Program NRE Company diberikan kepada PGE atas program inovasi sosialnya yang bertajuk “Nurturing The Environment Through Kamojang Green Living Ecosystem (NENG ELIE).” Program ini berfokus pada pengembangan masyarakat di sekitar wilayah kerja PGE Unit Bisnis Kamojang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hingga saat ini, NENG ELIE telah berhasil berkontribusi terhadap berbagai aspek ESG, antara lain pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan UMKM, pengembangan pertanian untuk pelestarian lingkungan, serta peningkatan aksesibilitas melalui penyediaan transportasi untuk masyarakat di wilayah terpencil.

Melalui program ini, PGE berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 13.200 masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

Lebih dari itu, program unggulan NENG ELIE berhasil meraih penghargaan PROPER Emas selama 13 tahun berturut-turut.

Julfi menjelaskan bahwa program ini mampu untuk mewujudkan ekosistem pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan fokus pada gaya hidup hijau, keberlanjutan, serta daya tahan menghadapi tantangan.

Di sisi lain, penghargaan Special Awards ESG Pioneer diberikan kepada PGE yang menjadi pelopor terdepan dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di seluruh aspek kegiatannya, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Dalam peningkatan tata kelola, PGE menerapkan tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan standar internasional yang telah diakui dari lembaga rating global Sustainalytics dengan skor 8,4, dimana posisi PGE berada di kategori negligible risk yang menunjukkan bahwa Perseroan berhasil mengeliminasi risiko ESG sepenuhnya.

SF-Admin