Pinvest Jawab Kebutuhan Edukasi Pengembangan Sektor Investasi, Bisnis dan Teknologi

Kiri-kanan: Imbang Putra Panilih (COO & Co-Founder Pinvest), Suhartono (Kepala Biro Perundangan-undangan Humas dan Pimpinan Tata Usaha BKPM Republik Indonesia), M.Fandy Wirawan (CEO & Founder Pinvest), Diatce Harahap (CEO BJTech), Basuki Surodjo (CEO Airmas Group)

PT Lestari Cahaya Global Indonesia, memperkenalkan Pinvest kepada masyarakat Indonesia yang sekaligus menandai peluncuran situs www.pinvest.co.id secara resmi. Pinvest sendiri memiliki arti “Pintar Investasi, Bisnis dan Teknologi, dimana merupakan sebuah portal media komunitas sentris yang berfokus pada sektor investasi, bisnis dan teknologi sesuai arti namanya.

Hadirnya Pinvest untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan akses edukasi mengenai investasi yang di dalamnya terdapat berbagai produk aset finansial, aset riil dan beragam jenis lainnya seperti waralaba hingga dana pensiun.

Berawal dari sebuah mimpi besar anak bangsa yang ingin berpartisipasi dalam kemajuan teknologi dan pengembangan bisnis pada dunia investasi di Indonesia. Sebagai sebuah portal, Pinvest akan selalu berupaya untuk memberikan informasi yang tepat, dan akurat kepada setiap individu agar dapat membuat pilihan bijak dalam berinvestasi hingga membangun jaringan bisnis lewat sebuah komunitas langsung dari para praktisi dibidangnya.

“Literasi keuangan di Indonesia tergolong masih cukup rendah jika di bandingkan dengan negara-negara lain di dunia,” kata M. Fandy Wirawan, CEO & Founder PINVEST. Fandy pun melanjutkan, “Indonesia sebenarnya telah memiliki beragam produk investasi akan tetapi faktanya banyak sekali masyarakat yang kurang memahami konsep produk keuangan tersebut dan juga mungkin keputusannya masih kurang sesuai dengan perencanaan serta tingkat resiko investasi yang sesuai dengan mereka”.

Menurut survei Otoritas Jasa Keuangan tahun 2014, literasi yang baik untuk investasi pasar modal saja hanya sebesar 3,79% dari total populasi penduduk. “Jika dibandingkan dengan ragam produk investasi di Negara maju, produk yang ada di Indonesia sebetulnya masih belum bervariatif. Untuk itulah PINVEST hadir di Indonesia berfokus pada 5 pilar utama yaitu edukasi, berita pasar, komunitas, jaringan bisnis dan inspirasi” tambah Fandy.

PINVEST menghadirkan navigasi yang disederhanakan untuk membantu semua orang menjadi investor yang tak hanya cerdas namun bijak. Di kanal PiLearning, pengunjung dapat menjelajahi berbagai dasar-dasar edukasi investasi aset finansial, aset rill dan lainnya. Mereka juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang analisis pasar yang dibuat oleh tim PINVEST yang sudah berpengalaman dan berdedikasi pada fitur PiNews ataupun sosok inspiratif pada kolom PiNspire.

“Kita hidup di dunia di mana informasi mudah diakses dan berlimpah, tetapi itu membuatnya semakin sulit untuk menentukan siapa dan apa yang harus dipercaya setiap hari. Bayangkan saja jumlah penduduk di Indonesia itu saat ini kurang lebih 264 juta orang menurut Badan Pusat Statistik dan tentu yang menggunakan internet terus bertambah setiap harinya, maka dari itu Informasi terkait finansial ataupun investasi yang dapat dipercaya juga tidak hanya sulit ditemukan, tetapi juga sulit untuk dipahami, itulah mengapa PINVEST mencoba untuk mengisi celah tersebut,” kata Imbang Putra Panilih, COO & Co-Founder PINVEST.

Untuk pengembangan jaringan bisnis saat ini seluruh pengunjung situs dapat memperoleh informasi mengenai berbagai macam perusahaan maupun bisnis di kanal PiCircle namun kedepannya kanal ini hanya terbatas bagi PiMember (sebutan untuk member) saja. PiCircle juga bertujuan menjadi direktori bisnis dan sebagai wadah business matching untuk para PiMember.

Khusus untuk PiMember juga akan diberikan kelebihan yang dapat memiliki akses untuk menikmati kanal PiSession yakni sebuah kanal yang memiliki program yang dijadwalkan secara berkala untuk berinteraksi secara langsung via PINVEST seperti layaknya webinar dengan para praktisi dibidangnya.

PINVEST dibuat dengan desain yang ramah untuk diakses secara mobile yang memungkinkan bagi anggota PiMember dan seluruh pengunjung untuk mengakses berbagai fitur di situs dengan mudah, baik pada smartphone ataupun tablet mereka.

Kanal PiUpdate merupakan kanal yang memungkinkan seluruh pengguna untuk mengetahui berbagai update seputar event, kalendar ekonomi, PiLounge dan PiTV. Di dalam PiLounge memungkinkan sesama PiMember dapat berinteraksi ataupun melakukan virtual FGD (focus group discussion) untuk berbagai hal seputar investasi, bisnis dan teknologi. Sedangkan khusus untuk PiTV dapat membantu seluruh pengguna untuk dapat menyaksikan berbagai rekaman video mulai dari workshop atau seminar, kelas webinar dan juga interview dengan sosok inspiratif Indonesia.

“Jika PINVEST itu adalah sebuah rumah yang kami bangun, maka semua orang kami undang untuk datang kapan pun kalian mau. PINVEST juga ingin mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi bersama, baik itu Komunitas, Asosiasi, Praktisi, dan juga Korporasi untuk bersama-sama memberikan edukasi yang tepat bagi Indonesia dalam hal investasi, bisnis dan teknologi,” tutup Imbang.

SF-Admin