Komitmen Terapkan Manajemen Keamanan Informasi, PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikasi ISOIEC

PT Pertamina Trans Kontinental (“PTK”), yang merupakan Anak Usaha PT Pertamina International Shipping (“PIS”), dan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (IML) berhasil meraih sertifikat ISO/IEC 27001:2013 dari PT Intertek Utama Services. 

Sertifikat ISO/IEC 27001:2013 diserahkan langsung oleh Rommy Irawan, Office Operation Coordinator dari PT Intertek Utama Service kepada Manager Information Technology PTK, Reza Ilham.

PTK berhasil meraih sertifikat manajamen keamanan informasi ini atas komitmen dalam mengimplementasikan proses teknologi.

Diukur atas  pendekatan berbasis risiko pada 3 (tiga) unsur utama, yaitu orang yang terlibat dalam proses pengamanan (people), proses yang terlibat dalam keamanan informasi (process), serta teknologi yang digunakan sebagai bagian dari teknikal kontrol untuk mendukung kebutuhan bisnis (technology).

Vice President Legal & Relations PTK, Dwi Indra Kuntoadji mengungkapkan bahwa “Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 didapatkan atas komitmen PTK dalam menjaga keamanan informasi perusahaan. Dibutuhkan komitmen yang tinggi mulai dari level Top Management sampai dengan level Operasional atau Pekerja Perwira PTK.”, ujar Dwi Indra.

ISO/IEC 27001:2013 merupakan salah satu standar internasional dalam menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) atau lebih dikenal dengan nama Information Security Management Systems (ISMS).

Standar tersebut diaplikasikan dalam semua elemen pendukung layanan berbasis teknologi mutakhir dan dalam menjalankan operasional perusahaan secara keseluruhan.

Sertifikasi tersebut memperlihatkan keseriusan PTK dalam melindungi kerahasiaan data Perusahaan. Perlindungan menjadi salah satu isu penting di era digital saat ini terutama terkait  keamanan data dan informasi Perusahaan. 

Melalui standardisasi sesuai ISO/IEC 27001:2013 tersebut, PTK semakin mengokohkan posisinya sebagai pelaku bisnis yang senantiasa berkomitmen dalam melindungi keamanan data maupun informasi sebagai bagian bentuk pemberian layanan terbaik terhadap customer dan stakeholder.

PTK menjadi semakin optimis dalam menatap masa depan bisnisnya, terlebih mencapai target menjadi The World Class Shipping Company & Maritime Business Company di tahun 2026.

SF-Admin