Sesi press conference interaktif bersama tiga orang pembicara. (Dari Kiri-Kanan) Ayu Dewi – MC, Celebrity Mom, Bastari Akmal – Marketing Communication Executive Director Indomaret, Maulani Affandi – Head of Marketing Fabric Expert, Unilever Indonesia, Effendi Yonatan – R&D Product Development Manager Home Care, Unilever Indonesia

Di tengah pesatnya pertumbuhan kelas menengah, konsumen kini ingin terus meng-upgrade gaya hidup untuk menikmati keseharian yang lebih praktis, mudah dan nyaman. Salah satunya terlihat dari pertumbuhan kepemilikan mesin cuci di rumah tangga Indonesia yang terus meningkat hingga 75,2% – menyiratkan kebutuhan konsumen akan kepraktisan dalam merawat pakaian keluarga.

Menjawab tren kebutuhan konsumen Indonesia untuk meng-upgrade gaya hidup dengan pengalaman baru dalam mencuci, Rinso meluncurkan inovasi terbarunya: Rinso Matic Kapsul 3-in-1.

Produk detergen cair berbentuk kapsul pertama dari Rinso ini memiliki berbagai kelebihan dengan tiga kekuatan juara, yaitu: daya bersih yang maksimal, anti bau apek, dan perlindungan warna pakaian dari kekusaman. Produk ini secara eksklusif bisa didapatkan di seluruh gerai Indomaret yang tersebar di kota-kota besar hingga pelosok Indonesia.

Maulani Affandi, Head of Marketing Fabric Expert Unilever Indonesia menerangkan, “Sebagai brand detergen yang selama puluhan tahun menemani jutaan keluarga Indonesia, Rinso memiliki purpose memberikan pengalaman mencuci terbaik agar semua orang dapat merealisasikan semua potensi mereka tanpa takut kotor.

“Pengalaman terbaik ini jadi kunci, dimana kami selalu mencermati perkembangan kebutuhan konsumen untuk memastikan bahwa inovasi yang kami lahirkan bisa memberikan manfaat dan kemudahan lebih dalam mencuci, salah satunya lewat peluncuran Rinso Matic Kapsul 3-in-1,” lanjutnya.

Rinso Matic Kapsul 3 in 1

Dalam hal pemilihan produk detergen, konsumen mendambakan produk detergen dengan keunggulan superior, seperti detergen yang menggabungkan beberapa manfaat sekaligus sehingga mampu menjawab berbagai kebutuhan merawat pakaian secara efektif dan efisien. 

Kebutuhan lainnya yang makin jelas terlihat adalah kemudahan dalam proses mencuci. Hal ini turut dirasakan oleh Ayu Dewi, Celebrity Mom yang sangat peduli dengan perawatan pakaian keluarganya, “Punya tiga anak kecil di rumah yang sedang aktif-aktifnya, otomatis cucian selalu numpuk setiap hari sehingga pekerjaan mencuci itu selalu jadi pe-er yang nggak mudah. Secanggih-canggihnya mesin cuci, selalu ada aja yang miss.”

Meskipun sudah berkali-kali baca instruksi, lanjut Ayu, “Kadang masih suka ngga pas takaran detergennya. Apalagi kalau sampai tumpah saat dituang ke laci mesin cuci, jadinya bikin berantakan dan boros. Jadi, aku butuh solusi yang bisa meng-upgrade kegiatan mencuci di rumah, untungnya ada Rinso yang memahami kebutuhan konsumen sepertiku.”

Leni menanggapi, “Rinso Matic Kapsul 3-in-1 memberikan konsumen tiga kemudahan: (1) Hanya perlu dimasukkan ke dalam drum mesin cuci, tidak pada laci bagian atas; (2) Lapisan pembungkus kapsul yang segera larut saat terkena air dan langsung efektif bekerja membersihkan dan merawat pakaian; (3) Takarannya pas – 1 kapsul bisa digunakan untuk mencuci 5-7 kg pakaian – sehingga produk ini tidak membingungkan saat digunakan. Jadi, untuk segala kebutuhan mencuci, Tinggal Kapsulin Aja!”

Lebih lanjut Effendi Yonatan, R&D Product Development Manager Home Care, Unilever Indonesia menjelaskan superioritas Rinso Matic Kapsul 3-in-1,”Berbeda dengan produk detergen kapsul lain di pasaran yang umumnya hanya memiliki satu chamber, inovasi ini terdiri dari tiga chamber kapsul dengan tiga kekuatan juara, yaitu: Daya bersih maksimal terhadap berbagai jenis noda dengan kandungan bahan aktif pengangkat noda yang jauh lebih tinggi – disertai teknologi polimer pembersih yang dapat melapisi dan mencegah noda melekat kembali pada serat pakaian pada pencucian berikutnya; kemampuan menghilangkan bau apek dengan wangi segar yang tahan lama; dan perlindungan warna pakaian agar tidak kusam.”

Yang tidak kalah penting, inovasi ini juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan aktif pengangkat noda yang mudah terurai di lingkungan, selain itu kemasan kotak dan tutupnya terbuat dari bahan plastik yang 100%-nya dapat didaur ulang.

Ayu turut berbagi pengalamannya menggunakan Rinso Matic Kapsul 3-in-1, “Mencuci sekarang jadi super gampang dan menyenangkan. Nggak ada lagi tuh stress soal takaran atau khawatir tentang mesin cuci yang berantakan. Aku jadi bisa menikmati lebih banyak quality time sama suami dan anak-anak di rumah!”

Rinso Matic Kapsul 3-in-1 bisa didapatkan secara eksklusif selama bulan Juni sampai Agustus 2023 di hampir 22 ribu gerai Indomaret di berbagai wilayah Indonesia. Terkait kerja sama ini, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret),  Bastari Akmal, menyampaikan, “Indomaret selama ini bermitra erat dengan Rinso untuk menjual ragam produknya yang terbukti berkualitas tinggi. Dengan jaringan Indomaret yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, konsumen jadi lebih mudah untuk menjadi yang pertama mendapatkan produk ini. Kami menyambut positif kolaborasi untuk membawa format detergen baru yang akan membawa excitement tersendiri bagi konsumen.”

Di penghujung acara, Leni berpesan, “Rinso mengajak konsumen untuk mencoba Rinso Matic Kapsul 3-in-1, detergen revolusioner yang produknya juara, mudah digunakan, dan ramah lingkungan. Yang terpenting, sekarang mencuci bisa jadi rutinitas yang praktis dan menyenangkan buat semua orang. Siapapun – bukan hanya para ibu – bisa jadi ahli mencuci karena memang semudah itu penggunaannya. Dapatkan inovasi ini di semua gerai Indomaret, and let’s upgrade our life dengan cara mudah, Tinggal Kapsulin Aja!”. 

SF-Admin