Raih Penghargaan dari Kincentric, Bukti Komitmen Bank DBS Indonesia pada Pelibatan Karyawan

Karyawan merupakan aspek paling penting dalam sebuah organisasi dan kami berkomitmen untuk melibatkan karyawan dalam hal apa pun serta mendukung mereka untuk mencapai tujuan hidup masing-masing. Kami ingin menciptakan tempat kerja di mana para karyawan dapat bekerja secara optimal dan membuat perubahan yang signifikan sesuai dengan kapabilitas masing-masing.

Atas usahanya, PT Bank DBS Indonesia dinobatkan sebagai “Indonesia’s Best Employers 2020” dalam Program Best Employer yang diselenggarakan oleh Kincentric. Program tersebut menilai dan mengapresiasi perusahaan yang berhasil menunjukkan keunggulan sebagai tempat kerja terbaik.

PT Bank DBS Indonesia memperoleh nilai terbaik di semua indeks penilaian dalam nominasi ‘Best Employer’, dengan nilai yang melampaui perusahaan lainnya pada keempat kategori berikut yaitu; keterlibatan karyawan (employee engagement), ketangkasan organisasi (organizational agility), keterlibatan kepemimpinan (engaging leadership), dan fokus pada bakat (talent focus). Beberapa hal di atas berhasil menempatkan PT Bank DBS Indonesia di posisi teratas untuk perusahaan di Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menerima penghargaan ini, dan penghargaan ini adalah sebuah bukti nyata upaya kami dalam membantu karyawan kami menjadi yang terbaik,” ujar Head of HR Department, PT Bank DBS Indonesia, Aries Sunu.

 

Keterlibatan Karyawan Yang Kuat Meskipun Bekerja Dari Jarak Jauh

Di tengah penerapan kerja jarak jauh (Work From Home) sebagai dampak dari pandemi Covid-19, Bank DBS Indonesia dinilai memiliki tenaga kerja dengan keterlibatan sangat tinggi. Karyawan Bank memiliki keterlibatan yang lebih (sebanyak 13%) jika dibandingkan dengan karyawan di perusahaan lain.

Salah satu faktor pendorong keterlibatan karyawan yang kuat adalah lingkungan kerja kondusif, yang menerima berbagai latar belakang dan cara berpikir beragam, seperti yang dialami oleh 99% karyawan dari perusahaan yang berada di peringkat teratas.

“Saat para karyawan melewati masa-masa penuh ketidakpastian selama pandemi dan bekerja dari jarak jauh, perusahaan harus terus melakukan aneka upaya untuk melibatkan (engage) karyawannya. Sebagai salah satu perusahaan yang meraih penghargaan ‘Best Employer’ tahun ini, Bank DBS Indonesia telah melakukan hal ini dengan baik. Komunikasi dan keterlibatan akan menghasilkan kepuasan dan semangat yang lebih tinggi di kalangan karyawan. Hal ini juga tentunya akan meningkatkan kemampuan perusahaan mempertahankan karyawan, terutama saat kita memulai transformasi tempat kerja baru,” ujar Market Leader di Kincentric, Andrew How.

 

Peran Kepemimpinan Senior dan Remunerasi Karyawan

Lebih lagi, Kincentric menyampaikan, karyawan di perusahaan peringkat teratas juga menunjukkan tingkat keyakinan tinggi terhadap manajemen perusahaan. Sebanyak 94% karyawan menegaskan bahwa pemimpin mereka memberikan arahan yang jelas untuk masa depan.

Selain itu, 96% dari karyawan setuju bahwa kepemimpinan eksekutif membuat mereka bersemangat tentang masa depan perusahaan. Terakhir, 93% dari karyawan menyatakan bahwa atasan mereka lebih terbuka dan transparan dalam berkomunikasi. Temuan ini menekankan peran penting kepemimpinan dan komunikasi terbuka antara pemberi kerja dan karyawan di tengah pandemi.

Hal lain yang tak kalah penting menurut Kincentric adalah karyawan dalam perusahaan tersebut, termasuk di antaranya Bank DBS Indonesia menyatakan kepuasan mereka terkait perlakuan adil dan potensi pengembangan diri. Kajian mengungkapkan bahwa para karyawan diberikan remunerasi cukup atas kontribusinya di perusahaan (91%) dan perusahaan mengenali serta mengevaluasi kemampuan karyawan dan bidang yang menunjukkan perbaikan dengan baik (97%).

 

SF-Admin