Raih Predikat ‘Health and Medical Tourism: Destination of the Year’, Malaysia Mantap jadi Tujuan Wisata Kesehatan Dunia

MHTC IMTJ Medical Travel Awards 2020

Terjalinnya hubungan kemitraan antara pemerintah-swasta yang sangat baik, membuat pertumbuhan Malaysia Healthcare selama beberapa tahun terakhir jadi semakin baik, dan ini menjadi bagian penting untuk memantapkan positioning sebagai Health and Medical Tourism.

Berkat komunikasi yang baik antara pemerinrtah Malaysia dan pihak swasta tersebut, Malaysia kembali meraih gelar bergengsi ‘Health and Medical Tourism: Destination of the Year’ dalam ajang International Medical Travel Journal (IMTJ) Medical Travel Awards 2020 yang berlangsung baru-baru ini.

Kemenangan tersebut memantapkan posisi Malaysia sebagai World’s Healthcare Marvel dan mencerminkan komitmen yang kuat dari para organisasi terkait untuk keberlangsungan perawatan kesehatan dari Malaysia Healthcare di tengah pandemi COVID-19.

Kemenangan atas penghargaan ‘Health and Medical Tourism: Destination of the Year’ menandakan keempat kalinya Malaysia meraih gelar prestisius ini, setelah sebelumnya meraih kemenangan tiga kali berturut-turut sejak tahun 2015 – 2017.

Ini merupakan bukti nyata dari kemajuan industri wisata kesehatan Malaysia yang pada tahun 2019 lalu membuka pintunya bagi 1,3 juta wisatawan kesehatan – yang merupakan sebuah peningkatan yang luar biasa dibandingkan dengan 643.000 wisatawan pada tahun 2011. Penghargaan ini semakin memperkuat status Malaysia sebagai destinasi wisata kesehatan di mata dunia.Selanjutnya, Malaysia Healthcare Travel Council juga sukses memenangkan penghargaan ‘Cluster of the Year’ untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

“Kami merasa sangat terhormat dapat menerima dua penghargaan yang luar biasa ini dari IMTJ. Penghargaan ‘Destination of the Year’ dan ‘Cluster of the Year’ ini sekali lagi menunjukkan kepercayaan yang diberikan oleh dunia terhadap infrastruktur wisata kesehatan dan pengalaman perjalanan pasien terbaik kami yang tentunya dapat terjadi berkat dedikasi yang tinggi dari berbagai pihak. Hal ini memotivasi kami untuk lebih meningkatkan kembali layanan kami dan terus menjaga nama baik Malaysia Healthcare,” ucap Sherene Azli, CEO MHTC.

Sejumlah institusi kesehatan swasta terkemuka di Malaysia juga turut meraih kemenangan dalam IMTJ 2020, yaitu:

  • Thomson Hospital Kota Damansara – Best Quality Initiative
  • Sunway Fertility Centre – International Fertility Clinic of the Year
  • Prince Court Medical Centre – International Hospital of the Year
  • Sunway Eye Centre – International Eye Clinic of the Year

Saat ini, dampak berkepanjangan pandemi masih dialami oleh industri wisata kesehatan Malaysia, Malaysia Healthcare secara proaktif senantiasa berupaya mengembangkan rencana pemulihan industri dengan mengedepankan kemampuan dan kekuatan negara sebagai penyedia layanan kesehatan kelas dunia. Satu hal yang menjadi elemen utama dari rencana ini adalah digitalisasi perawatan kesehatan, yang memungkinkan kesinambungan perawatan kesehatan bagi pasien.

“Komitmen kami dalam menjunjung tinggi Malaysia sebagai World’s Healthcare Marvel tidak akan pernah goyah. Kami telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memastikan dipatuhinya SOP ketat yang sudah ditetapkan sebelumnya demi keselamatan masyarakat yang tentunya merupakan prioritas utama kami. Kami berharap di kemudian hari saat kondisi menjadi lebih baik, dapat menyambut penuh para wisatawan kesehatan yang mencari perawatan kesehatan di Malaysia. Untuk saat ini, kami berupaya memacu pertumbuhan industri kesehatan yang berkelanjutan agar Malaysia dapat terus diakui sebagai World’s Healthcare Marvel,” lanjut Sherene.

Diadakan melalui platform virtual, IMTJ Medical Travel Awards 2020 merayakan beragam pencapaian luar biasa dalam bidang wisata kesehatan di seluruh dunia. Seluruh peserta nominasi dievaluasi oleh tim juri mancanegara yang terdiri dari: Keith Pollard, Pemimpin Redaksi IMTJ; Kepala Eksekutif LaingBuisson; Ketua Dewan Juri Inggris; Lutz Lungwitz, Presiden German Medical Wellness Association, Dr Claudia Mika, CEO TEMOS, Laszlo Puczko, Pendiri Health Tourism Worldwide, dan Elizabeth Ziemba, Presiden Medical Tourism Training.

 

SF-Admin