Ramadan Insights 2021 dari Mobile Marketing Association Indonesia

Mobile Marketing Association (MMA), asosiasi global terdepan di bidang industri mobile marketing, telah mengadakan acara tahunan Ramadan Insights ketiga pada tanggal 25 February 2021 secara virtual.

Diselenggarakan oleh MMA Indonesia, Ramadan Insights 2021 berfokus pada “Menciptakan dampak pada kampanye brand melalui insight yang diperoleh di bulan Ramadan”. Selama periode Ramadan – yang berlangsung dari 12 April sampai 12 Mei 2021 – tindakan para konsumen akan bergeser secara unik selagi pola pergerakan mereka juga berubah dalam fase-fase berbeda di sepanjang bulan ini.

Para marketer dan agency harus memahami konsumen mereka dengan lebih baik lagi untuk merancang kampanye khusus Ramadan agar dapat mencapai target market mereka dengan cara terbaik.

“Pada Ramadan 2020 lalu, kami melihat bahwa pandemi tidak menyurutkan semangat masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan berbagi kebaikan dari rumah selama Ramadan. Faktanya, jumlah pengguna fitur Alquran digital dan jumlah Zakat Mal yang terkumpul di Tokopedia mengalami lonjakan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat juga menemukan cara baru untuk mengirimkan hadiah dan parsel kepada keluarga mereka di seluruh Indonesia secara online. Di tahun ini, kami percaya tren serupa akan terus berlanjut dan perayaan Ramadan tetap dapat dijalankan dengan baik lewat dukungan teknologi.” ujar Kevin Mintaraga, MMA Indonesia Board Member, Vice President of Tokopedia

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi yang berharga dari para pembicara yang telah bergabung dengan kami dalam acara virtual ini. Kami bertujuan untuk secara kolektif dan terus menerus melakukan yang terbaik dalam membantu industri tetap terdepan. Menjelang Ramadan, data yang dibagikan, wawasan, dan studi kasus menarik ini pasti akan memicu ide-ide kreatif baru untuk semua brand dan agency yang ingin terlibat dengan pelanggan mereka secara efektif selama bulan suci” Shanti Tolani, Country Manager, MMA Indonesia, menjelaskan.

Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai masing-masing sesi pembicara.

Daftar lengkap pembicara di Ramadan Insights 2021 MMA Indonesia yaitu:

  • Endang Putri, Global Category Head Biscuit & Wafer, PT Mayora Indah Tbk.
  • Dwi Adriansah, Country Head Indonesia, Twitter
  • Novia Sukmawaty, Group Head of Wardah, Paragon Technology and Innovation
  • Dewi Sandra, Brand Ambassador of Wardah, Paragon Technology and Innovation

Beberapa poin yang disampaikan oleh para pembicara antara lain dari Endang Putri, Global Category Head Biscuit & Wafer, PT Mayora Indah Tbk mengatakan bahwa “Brand perlu mengarahkan konsumen di setiap tahap momen Ramadan, untuk membawa nilai dan mencari cara untuk membuat hidup mereka lebih mudah”.

Dwi Adriansah, Country Head Indonesia Twitter mengatakan “Pemilik brand perlu memanfaatkan brand voice mereka dengan menampilkan fitur produk utama dan promo Ramadan dalam sebuah kreatif yang menunjukkan sebuah solusi. Sesuaikan juga pesan yang ingin disampaikan untuk mengatasi masalah yang dihadapi konsumen saat ini”.

Menurut Novia Sukmawaty, Group Head Wardah, Paragon Technology and Innovation, “Kita pun juga perlu kreatif dalam mencari cara baru dalam merayakan Ramadan dengan memanfaatkan trend penggunaan media streaming dan gaming yang meningkat secara signifikan”.

Dewi Sandra selaku Brand Ambassador Wardah yang mengikuti sesi ini juga membagikan wawasan dan pembelajarannya sebagai bagian dari kampanye Wardah di bulan Ramadhan tahun lalu, #SelaluAdaBahagia.

 

SF-Admin