Rayakan Hari Kartini Sambil Belajar Tingkatkan Bisnis di TikTok Lewat Wirausaha Perempuan

Narasumber Diskusi Peran Kartini Masa Kini dalam Bidang Wirausaha

TikTok merupakan platform inklusif dengan konten beragam, termasuk dari perempuan yang menjadi pengguna ataupun wirausaha. Ada banyak perempuan inspiratif di TikTok yang berhasil membuat konten pemasaran yang relate dengan komunitas kreatif di TikTok.

Di Hari Kartini ini, biasanya selalu dijadikan momentum bagi para perempuan khususnya untuk mengingat kembali perjuangan sang pahlawan dalam memberikan hak pada perempuan untuk terus belajar dan memberdayakan diri.

TikTok dengan solusi TikTok For Business memiliki misi untuk terus mendorong pertumbuhan brand dan UKM, termasuk yang didirikan oleh sosok perempuan. Berikut adalah kisah sukses dari tiga wirausaha perempuan yang berhasil memasarkan brand UKM-nya di TikTok:

 

Mad for Makeup: Kecantikan tanpa batasan

Bertujuan untuk mengingatkan kembali seluruh perempuan di Indonesia kalau mereka cantik tanpa batasan, brand Mad for Makeup menghadirkan berbagai produk kecantikan untuk segala jenis kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Brand ini pun bukan hanya ingin menonjolkan kecantikan perempuan Indonesia, tetapi juga menjadi wadah dan komunitas yang memberdayakan perempuan.

Oleh karena itulah, akun Mad for Makeup di TikTok bukan hanya berisi tentang promosi produk, tetapi juga konten-konten edukasi tentang tips dan kandungan produk makeup. Berkat konten yang edukatif ini, akun Mad for Makeup pun berhasil meningkatkan followernya hingga lebih dari 50%.

Mad for Makeup juga terlibat dalam challenge #BiarKece di TikTok yang akhirnya membantu brand lokal ini dalam meningkatkan target sales berkat fitur clicks to purchase yang dihadirkan TikTok For Business.

“Dengan antarmuka TikTok yang mudah digunakan dan tim yang bersedia membantu, membuat kami dapat mencapai hasil yang efektif juga mencapai target yang diinginkan,” kata Dr Shirley Mesela Oslan, Founder dan Managing Director, Mad for Makeup yang juga seorang aesthician.

 

Paduan Tren Konten dan Informasi Produk dari Nutrishe

Berawal dari produk kecantikan lokal untuk bulu mata, Nutrishe terus mengembangkan brandnya dan mengeluarkan berbagai produk kecantikan dan skincare yang akan membantuk perempuan Indonesia merayakan kecantikan diri sesungguhnya, sesuai dengan tagline “Embrace the Real You” yang diusung Nutrishe.

Melalui akunnya di TikTok, Nutrishe berbagi tips dan informasi produk dengan cara kreatif dan mudah dipahami.

Nutrishe juga mengikuti kampanye #TikTokFashionMonth yang berlangsung bulan Maret ini untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Berkat partisipasinya di kampanye ini, Nutrishe berhasil meningkatkan penjualan hingga 3x lipat serta brand awareness di antara komunitas TikTok.

“Kami melihat TikTok dapat menjangkau audiens yang lebih luas, tidak terbatas pada followers hingga satu negara. Hal ini juga yang membantu kami mendapatkan performa yang baik dalam tiga bulan terakhir,” kata Ardiana Arsyad, pendiri Nutrishe.

 

Belajar dan Berbagi Ilmu Bersama Binar Academy

Didirikan pada 2017, Binar Academy merupakan pelopor startup edtech yang fokus pada pengembangan skil dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar melalui tahapan pembelajaran yang jelas dan metode pembelajaran yang beragam, seperti kelas online dan berbagai macam konten.

Melalui program pendidikannya, Binar Academy dapat mendukung pertumbuhan karier lulusan SMA, mahasiswa, dan orang-orang yang ingin berganti karier (career shifter), termasuk perempuan.

Untuk memudahkan akses mendapat materi pembelajaran secara online, Binar Academy pun membuat aplikasi platform digital di mana para siswa dapat bertemu fasilitator dan sesama siswa, serta mendapatkan materi yang mudah dipahami. Kehadiran layanan online ini semakin memperluas jangkauan Binar Academy, terutama selama pandemi.

Binar Academy memanfaatkan TikTok untuk merangkul lebih banyak calon siswa, dengan menjalani kampanye pemasaran melalui TikTok For Business. Dengan solusi ini, semakin banyak siswa yang mengunduh aplikasi Binar Academy dengan rentang usia 18-34 tahun. Mereka menyaksikan peningkatan jumlah lebih dari 10,000 unduhan aplikasi setelah beriklan di TikTok dalam waktu 2 bulan.

“Menurut kami, TikTok adalah sebuah platform yang menjadi kunci tren dari kreativitas konten video dan kolaborasi antar generasi muda, hal ini juga telah membantu Binar dalam meningkatkan jumlah pengunggah aplikasi berdasarkan hasil konversi yang kami terima,” kata Dita Aisyah, Co-Founder sekaligus Chief Commercial Officer Binar Academy.

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia mengatakan, “TikTok dengan solusi TikTok For Business pun selalu berusaha agar para brand dan UKM ini bisa mengembangkan bisnisnya di platform kami, melalui berbagai tools dan fitur yang kami sediakan.”

Sejak diluncurkan pertengahan tahun lalu, TikTok for Business juga telah rutin memberikan edukasi bagi berbagai sektor UKM dengan total peserta lebih dari 30,000 UKM di Indonesia, termasuk perempuan untuk membantu mengembangkan bisnisnya di TikTok. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai solusi TikTok For Business, silakan kunjungi link berikut: https://www.tiktok.com/business/id/smbcenter

 

SF-Admin