Rendang Omela

Tak lama lagi, sebagian besar masyarakat Indonesia akan memasuki bulan Ramadan. Beragam kuliner lezat akan tersaji saat sahur dan berbuka. Seperti diketahui, setiap daerah di Indonesia memiliki masakan khasnya masing-masing. Namun, ada satu masakan yang dikenal luas se-Indonesia bahkan hingga ke mancanegara, yaitu Rendang.

Masakan khas Sumatera Barat ini, seringkali dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia asli Indonesia dalam berbagai macam versi. Terlepas dari penobatan ini, rasanya rendang memang layak untuk menyandang predikat ini, karena berisi berbagai macam rempah, dan daya tahan masakannya yang bisa mencapai beberapa bulan.

Menurut fase proses memasaknya, pada awalnya olahan ini akan menjadi gulai, mirip seperti kari dari India. Lalu proses selanjutnya, dimasak lagi hingga kuahnya menjadi lebih kental, kecoklatan, dan berminyak karena panas yang kemudian disebut kalio. Tak berhenti sampai disini, kalio kembali dimasak  lagi hingga warnanya menjadi lebih gelap, dan dagingnya menyerap kuah. Baru tercipta rendang. Dikatakan bahwa teknik memasak daging hingga kering ini dapat memperpanjang umur simpan makanan.

Dikutip dari Tirto.id yang mengutip artikel “Rendang: The Treasure of Minangkabau” karya Muthia Nurmufid dan kawan-kawan dalam Journal of Ethnic Foods (Desember 2017), istilah “rendang” berasal dari kata “marandang” yang bermakna “secara lambat”. Makna tersebut merujuk pada lamanya waktu memasak rendang untuk menghasilkan tekstur daging yang kering dan aroma rempah yang kuat dengan warna cokelat gelap serta bercitarasa maksimal. Jadi, sebenarnya rendang adalah suatu teknik memasak, bukan nama makanan.

Namun kini, dengan taste enhancer OMELA® dari Frisian Flag Indonesia, masyarakat bisa terus berinovasi dan berani #GantiCaraMasak. Lewat  kehadiran www.Omela.com, ibu dan keluarga Indonesia bisa mendapatkan aneka resep sajian favorit keluarga, termasuk Rendang.

Untuk membuat Rendang Omela, bisa memperhatikan resep berikut ini:

Bahan-bahan:

2 kg Daging Rendang

3 lbr Daun Salam

5 lbr Daun Jeruk

4 btg Sereh

150 g Omela

1800 ml Air

5 sdm Minyak Goreng

Bumbu Halus:

25 siung Bawang Merah

20 siung Bawang Putih

20 Buah Cabai Keriting

10 Buah Cabai Merah Oranye

4 cm Jahe

3 cm Lengkuas

4 cm Kunyit

10 buah Kemiri

4 buah Asam Kandis

4 butir Cengkeh

5 Butir Kapulaga Hijau India

Garam

Lada

Gula

Cara Membuat:

– Larutkan Omela dengan Air.

– Haluskan semua bumbu, kecuali asam kandis dan tumis dengan minyak goreng hingga harum.

– Masukan larutan Omela dengan air bersama daging yang sudah dipotong-potong.

– Masukkan asam kandis dan bumbu-bumbu kering.

– Masak dengan api kecl hingga 2,5 jam, sampai warna berubah cokelat, mengeluarkan minyak, dan kering.

– Hidangkan.

#GantiCaraMasak menggunakan OMELA®, membuat rendang jadi lebih mudah, karena OMELA® merupakan taste enhancer berbentuk produk krimer kental manis  yang dibuat dengan kualitas terpercaya dari Frisian Flag.

“Bukan tanpa alasan, dengan #GantiCaraMasak dengan OMELA®, 4 elemen sensorik dari aneka santapan dapat dipantik dan dimaksimalkan, karena menghasilkan: aroma yang menggugah selera, tekstur yang menggiurkan mata, rasa yang nikmat dan istimewa, serta hasil akhir dan tampilan yang luar biasa,” jelas Marketing Director PT Frisian Flag Indonesia, Felicia Julian.

Dengan #GantiCaraMasak bersama OMELA®, kekuatan aroma dari rendang akan menjadi lebih terasa, sehingga menggugah selera siapa saja untuk ikut bersantap. Tidak berhenti disitu, tekstur dari rendang juga akan menjadi makin istimewa, karena berpadu dengan kelembutan OMELA®. Tekstur ini akan menggiring siapa saja untuk merasakan kenikmatan masakan yang tersaji. Dan pada akhirnya, ketiga elemen tadi terbungkus lewat tampilan masakan yang sangat menarik, karena warna, rasa, dan aroma sudah berpadu menjadi satu kesatuan.

Chef sekaligus Konsultan Kuliner, Nanda Hamdalah menambahkan, “Sejumlah keunggulan akan dapat terasa, hanya dengan #GantiCaraMasak menggunakan OMELA®, di antaranya:

  • Penikmat rasa:Keunikan rasa pada OMELA® memberikan rasa manis juga gurih sekaligus, sehingga memperkaya rasa pada masakan.
  • Serbaguna: Tak hanya pas dipadukan dengan minuman seperti kopi dan teh, tekstur creamydan gurih dari OMELA® juga pas dimanfaatkan sebagai pengganti santan pada masakan.
  • Praktis: Penggunaan OMELA® juga sangat mudah. Hanya dengan menuangkan produk kemudian dilarutkan dengan air sebelum digunakan, ataupun sesuai takaran atau selera menggunakan sendok.
  • Tahan Lama: OMELA® tahan di suhu tinggi. Sehingga masakan tidak perlu sering diaduk, untuk mencegah kuah/kaldu/larutan pecah saat dimasak – seperti yang kerap ditemui saat memasak menggunakan santan. Selain itu masa kadaluwarsanya yang panjang – sampai dengan 12 bulan
  • Pembangkit selera: OMELA® memiliki warna yang pas untuk beragam menu masakan dan minuman. Penggunaan OMELA® memberi paduan warna yang padu pada hasil akhir masakan dan minuman.“

 

SF-Admin