STB Media Night 2024 merayakan kolaborasi dan berbagi keberhasilan penawaran unik Sarawak

Sarawak Tourism Board (STB) menjamu lebih dari 150 personel media dari seluruh Sarawak, Semenanjung Malaysia, Brunei, Indonesia, Taiwan, dan Prancis di Media Night 2024, dengan mengusung tema ‘The Soul of Sarawak’ di Imperial Hotel, Kuching

Dengan mempertemukan para pelaku media utama, malam itu mewujudkan kehangatan khas Sarawak, budaya yang kaya, dan apresiasi yang mendalam atas pengakuan sebagai salah satu destinasi popular di Asia Tenggara.

Tema “The Soul of Sarawak” merangkum esensi Budaya, Petualangan, Alam, Makanan, dan Festival (CANFF) Sarawak, yang terus membentuk narasi negara bagian tersebut sebagai tujuan wisata.

Para tamu disuguhi pertunjukan budaya Sarawak yang semarak, termasuk pertunjukan tradisional, kuliner Sarawak, dan program yang menyentuh hati yang merayakan semangat kolaboratif media dan pariwisata.

Dalam sambutannya, Puan Sharzede Datu Haji Salleh Askor, CEO Badan Pariwisata Sarawak, menyampaikan apresiasinya atas dukungan media dalam mempromosikan Sarawak sepanjang tahun 2024.

“Dengan lebih dari 210 juta tayangan di media, dan nilai kehumasan sebesar RM91 juta. Angka-angka ini menjelaskan tentang apa yang dapat kita capai bersama. Sebuah bukti dari visi dan komitmen bersama. Kami sangat berterima kasih atas kemitraan Anda untuk melangkah lebih jauh,” kata Puan Sharzede.

Tahun 2024 merupakan tahun yang luar biasa bagi Pariwisata Sarawak, dengan mencatat rekor jumlah kedatangan wisatawan pada pertengahan November dengan lebih dari 4 juta pengunjung dan menghasilkan lebih dari RM10 miliar dalam penerimaan pariwisata, melampaui target negara bagian dan tingkat sebelum pandemi.

Pencapaian ini mencerminkan kolaborasi yang sukses antara STB dan mitra medianya, serta peluncuran kampanye ‘Gerbang ke Kalimantan’ yang berdampak pada awal tahun ini di ITB Berlin.

Kampanye ini memposisikan Sarawak sebagai gerbang ideal ke Kalimantan, yang mengundang wisatawan untuk membenamkan diri dalam kekayaan alam, budaya, dan petualangan negara bagian ini.

Menambah tonggak sejarah yang luar biasa tahun ini, negara bagian tersebut merayakan pencanangan Gua Niah sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO kedua.

Pengakuan ini menggarisbawahi signifikansi Sarawak sebagai budaya dan arkeologi, yang meningkatkan daya tariknya bagi para ekowisata dan penjelajah budaya.

Badan Pariwisata Sarawak (STB) meraih tiga penghargaan bergengsi. Kampanye Sia Sitok mendapat penghargaan bergengsi Campaign of the Year Award dalam Kategori In-House, sementara Rainforest World Music Festival (RWMF) 2024 memperoleh gelar yang sama dalam Kategori Agensi di Malaysia Public Relations Awards (MPRA) 2024.

Selain itu, STB menerima penghargaan Tourism Board Campaign of the Year – Malaysia di ajang TDM Travel Trade Excellence Awards 2024, yang dipersembahkan oleh Travel Daily Media, sebagai pengakuan atas upaya luar biasa dalam menyelenggarakan dan mempromosikan Rainforest World Music Festival (RWMF) 2024 yang ikonik.

SF-Admin