Trisula Grup yang dikendalikan oleh PT Trisula International Tbk (TRIS), emiten di bidang tekstil dan garmen, berhasil mencetak kinerja konsisten selama semester pertama tahun 2023 melalui sinergi yang terbangun antara TRIS dan anak-anak usahanya.

TRIS mengekspor garmen berkualitas yang kainnya diproduksi oleh anak usahanya yang bergerak di segmen tekstil yaitu PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL:IDX). Di samping itu, BELL juga menjual seragam dan pakaian melalui merek JOBB yang mereka pegang, penjualan BELL selama paruh pertama 2023 turut berkontribusi terhadap kenaikan laba TRIS.

Kontribusi tersebut dan berbagai perkembangan terbaru kinerja TRIS selama 1H23 dipaparkan dalam Laporan Keuangan yang diterbitkan tanggal 31 Juli 2023. Perusahaan membukukan penjualan Rp 680,8 miliar di 1H23 atau meningkat 2,9% YoY.

Laba bersih TRIS tercatat sebesar Rp 43,5 miliar di 1H23 atau meningkat sebesar 43,8% YoY. Kontribusi terbesar terhadap penjualan datang dari Segmen Manufaktur, yaitu sebesar 64%.

“Hubungan sinergis yang sudah terbangun di dalam grup kami memang dimaksudkan untuk saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain, seperti yang terlihat di semester ini,” jelas Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan, “Kami mengharapkan sinergi tersebut akan semaking meningkat secara konsisten di masa-masa mendatang.”

Dari sisi ekspor TRIS mengalami penurunan di semester ini menjadi Rp 417,2 miliar atau turun sebesar 7,3% YoY di 1H23, namun segmen ini tetap menjadi kontributor terbesar dengan 61%. Sedangkan di lain sisi, penjualan ke lokal meningkat sebesar 24,6% YoY di 1H23.

Perusahaan tetap menekankan pentingnya mempertahankan posisi di pasar ekspor dan menjaga hubungan dengan pelanggan setia. TRIS memang dikenal sudah menghasilkan produk berkualitas internasional yang terpercaya selama bertahun-tahun.

Salah satu upaya Perusahaan untuk mempertahankan kualitas adalah melalui implementasi teknologi Industri 4.0 seperti otomatisasi dan digitalisasi dalam proses produksi mereka. TRIS juga berkembang di Segmen Retail, dengan penjualan tercatat sebesar Rp 84,4 miliar atau meningkat sebesar 35,6% YoY untuk 1H23.

Dengan peningkatan ini, Segmen Retail berhasil  meningkatkan kontribusi terhadap penjualan menjadi 10% lebih dari pada kontribusi 1H22 yang hanya sebesar 8%. Pencapaian ini antara lain berkat pemanfaatan saluran offline dan online yang cerdas.

Untuk mengantisipasi tuntutan masa depan dan pertumbuhan populasi konsumen yang sadar lingkungan, Trisula Group melakukan diversifikasi model garmen dan mengadopsi bahan baku yang lebih ramah lingkungan.

Anak perusahaan TRIS PT Trimas Sarana Garment Industry memproduksi garmen dengan desain dan potongan yang unik sesuai dengan tren saat ini dan yang akan datang. Lini pakaian mereka ke depannya akan menampilkan lebih banyak variasi produk garmen yang dibuat menggunakan bahan mentah yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen.

SF-Admin