Chef Bjorn Shen & Chef Wilgoz - Pesta Rasa

Siapkan lidah Anda! Acara tahunan Singapore Food Festival (SFF) hadir kembali untuk edisi ke-29 mulai tanggal 24 Agustus hingga 11 September 2022, dengan mempersembahkan lebih dari 70 pengalaman gastronomi berdasarkan pilar-pilar kuliner mulai warisan, kontemporer, dan inovasi.

Untuk pertama kalinya sejak pandemi, SFF 2022 menawarkan berbagai pengalaman personal yang berbeda, termasuk Festival Village dengan lebih dari 25 tempat makan dan makan malam yang disajikan dengan 9 menu spesial, serta serangkaian workshops, tur, dan menu eksklusif di beberapa mitra restoran.

Para pecinta kuliner yang tinggal di luar Singapura juga dapat menikmati cita rasa hidangan lokal otentik melalui acara SFF di negara-negara tertentu dan masterclass virtual, atau melihat di belakang layar untuk mempelajari lebih dalam tentang kehidupan para koki dan merek lokal melalui konten video eksklusif SFF di lokasi festival.

Ms Teyi Guo, Director, Retail & Dining, Singapore Tourism Board, mengatakan, “Singapore Food Festival selalu menjadi ajang untuk perayaan masakan lokal multi-budaya, dan platform global untuk para koki, bartender, dan tokoh-tokoh kuliner.”

“Ketika perjalanan internasional telah dibuka, kami bersemangat untuk membawa SFF kembali ke format awal, dengan berbagai program yang membuat pengunjung dapat sepenuhnya merasakan berbagai cita rasa internasional yang ada di kota kami. Kami mengundang semua orang untuk datang dan merasakan hidangan Singapura dengan cara yang baru melalui rangkaian pengalaman langsung dan virtual yang sangat menarik,” lanjut Ms Teyi.

Untuk menarik pengunjung Indonesia untuk berwisata ke Singapura dan meningkatkan minat akan acara Singapore Food Festival 2022, STB Indonesia berpartisipasi dalam festival makanan bernama Pesta Rasa yang diadakan oleh Endeus sebagai mitra destinasi kuliner resmi pada 19-21 Agustus 2022.

STB Indonesia membawa cita rasa Singapura ke Jakarta dengan membawa 4 merek makanan (The Original Vadai, Toast Box, Love Handle dan Kway Guan Huat) serta juri MasterChef Singapura Bjorn Shen untuk turut hadir melakukan demo memasak secara live.

Selain makanan, STB Indonesia juga menghadirkan pengalaman lain pada aktivasi skala besar pertamanya dalam 2,5 tahun terakhir di zona SingapoReimagine untuk mendorong eksplorasi lebih dalam tentang Singapura dan pengenalan merek ritel gaya hidup lokal Singapura, Made with Passion.

Aktivasi tersebut bertujuan untuk menantang persepsi warga Jakarta yang merasa familiar dengan Singapura dari kuliner, ritel, dan penawaran pariwisatanya, untuk berpikir kembali meskipun mereka merasa cukup mengenal Singapura.

Sorotan Acara SFF

Tahun ini, dengan tema ‘Real Foodies Only’, terdapat beberapa komponen: Festival Village, beberapa menu dengan waktu tertentu di restoran mitra, tur dan workshops, penawaran virtual, serta acara yang diadakan di luar Singapura.

Festival Village akan menyatukan lebih dari 25 merek kuliner dan minuman di Bayfront Event Space mulai 31 Agustus hingga 11 September 2022. Lebih dari 25 restoran akan menyajikan makanan favorit mereka dengan sentuhan yang inovatif, seperti Jelebu Dry Laksa yang menyajikan hidangan khas mereka yaitu Boston lobster dan tiger prawns.

Truk makanan kekinian di Singapura The Goodburger akan berkolaborasi dengan Blue Lotus Eating House dalam menu Golden Chilli Crab Burger berbasis tanaman yang eksklusif hanya ada di SFF, gerai Michelin Bib Gourmand yang baru diresmikan – One Prawn & Co akan berkolaborasi dengan restoran warisan Hock Lian Huat untuk menghidangkan bisque udang yang kental dan lembut, remis dan kerang, bersamaan dengan ngoh hiang (roti gulung lima bumbu).

Chef Arena yang terletak di halaman Festival Village juga akan menyajikan makan malam dengan 9 menu spesial oleh master kuliner top yang ditampilkan dalam masterclass virtual SFF 2022, lengkap dengan cocktail Martell Noblige yang dibuat oleh Juan Yi Jun, kepala bartender dari No Sleep Club.

Melengkapi berbagai penawaran makanan, serangkaian workshops hadir bagi pengunjung yang lebih suka untuk mempelajari seni meracik bumbu secara langsung dengan dipandu oleh pemilik generasi ke-3, Jeya Seelan, dari warung bumbu tradisional Jeya Spices; serta mengumpulkan tips Thermomix untuk menyiapkan makanan lezat bersama penulis buku masak Annie Xavier dan para pembuat roti rumahan Marketplace juga akan hadir dan menampilkan berbagai merchandise pilihan dan juga Panggung Hiburan persembahan Tiger Beer.

Di luar Festival Village, berbagai restoran dari seluruh penjuru pulau akan menawarkan hidangan festival yang eksklusif. Sebagai perpaduan budaya di Singapura, Two Men Bagel House akan menyajikan bagelwich yang dikemas dengan cita rasa kari Cina, India, dan Melayu yang beraroma; sementara Italia bertemu Melayu di restoran dan bar yang terinspirasi oleh Italia, Dopo Teatro hadir dengan hidangan pizza sambal goreng.

Untuk menggabungkan sesuatu yang lama dan baru, Steeple’s Deli akan berkolaborasi dengan restoran baru Park Bench Deli untuk acara pop-up selama 1 hari di Steeple’s Deli, menampilkan sandwich yang menggabungkan daging kornet dan pastrami yang menggugah selera. Pecinta makanan manis harus mencoba es krim rasa Teh Halia atau sorbet jambu biji dengan bubuk plum asam dari merek Made With Passion[1] The Ice Cream & Cookie Co. dan Creamier.

Untuk pecinta kuliner yang suka berpetualang, berbagai tur dan workshops diadakan di sekitar pulau selama periode festival. Atlas Aquaculture dan Blue Aqua mengadakan perjalanan mengunjungi peternakan udang di perkotaan berbasis darat bagi para peserta untuk mempelajari lebih lanjut tentang dari mana makanan berasal dan bagaimana mereka bisa memanen udang sendiri di rumah.

Pengunjung juga bisa mendaftar dan mengikuti workshop pembuatan keju dan gin nabati oleh Nut Culture dan Brass Lion Distillery, untuk melihat eksklusif di balik layar penyulingan dan pengenalan tumbuhan yang menjadi bahan pembuatan Gin Kering khas Singapura.

Bagi mereka yang mencari drama interaktif, bisa belajar membuat makanan khas tahun 60-an sambil disuguhi dengan cerita oleh kakek dan nenek, dalam workshop teater yang imersif oleh Oh! Cerita.

Pengunjung festival dapat menghadiri berbagai acara termasuk Singapore Vegan Festival dan Feed9Billion Singapore Restaurant Week, keduanya menampilkan pilihan makanan sehat yang berkelanjutan dan inovasi kreatif.

SFF juga bermitra dengan Airbnb Experiences untuk tiga workshops yang mendalam, termasuk workshop di mana para pecinta kopi dapat membuat dan mencicipi kopi seduh dingin menggunakan biji kopi panggangan lokal.

Restoran bintang satu-Michelin, Burnt Ends juga akan mengadakan pesta dengan mengumpulkan restoran-restoran di sekitarnya untuk menyajikan beragam hidangan nikmat dan hiburan yang menyenangkan.

SFF 2022 juga melayani mereka yang lebih menyukai petualangan kuliner di kenyamanan rumah sendiri. 9 masterclass virtual yang gratis untuk ditonton akan diadakan, yang menawarkan kesempatan bagi pecinta kuliner untuk memasak bersama dengan beberapa talenta kuliner terbaik di Asia.

Ini termasuk kolaborasi empat tokoh antara Asia’s Best Pastry Chef 2022 Maira Yeo dari dua bintang Michelin Cloudstreet dan Chef Justin Lee dari JL Dessert Bar di Seoul; dan Chef Will Goldfarb dari Room4Dessert di Bali dan Chef Genevieve Lee dari Sourbombe Toko roti. Paket makanan tersedia di situs web SFF untuk memperkaya pengalaman masterclass.

Membawa kuliner Singapura yang kaya dan beragam ke luar negeri ke 13 negara, pecinta kuliner dapat menikmati suguhan yang terinspirasi secara lokal seperti makan malam 4 tangan di Filipina oleh Chef Han Li Guang dari Labyrinth dan Chef Chele Gonzales dari Gallery oleh Chele, dan di Inggris di mana KEK Seafood bekerja sama dengan jaringan burger Inggris Honest Burger dalam pembuatan Cereal Chicken Burger, disajikan dengan bir artisan edisi terbatas dari tempat pembuatan bir yang berbasis di Inggris, Northern Monk dan Off Day Beer.

SF-Admin