SMI - CCSE

Makin maraknya teknologi dan platform berbasis cloud, organisasi akan semakin membutuhkan tenaga ahli dalam bidang cloud security, untuk membantu membangun infrastruktur cloud yang aman, monitor vulnerability yang mungkin muncul, dan melakukan langkah mitigasi bila terjadi serangan cyber security.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) memperkenalkan program pelatihan dan sertifikasi terbaru dari EC-Council yang berfokus pada bidang cloud security, yaitu EC-Council’s Certified Cloud Security Engineer (C|CSE).

Adapun program EC-Council’s Certifi¬ed Cloud Security Engineer (C|CSE) merupakan sebuah kurikulum yang dibuat dengan kolaborasi dari banyak anggota ahli profesional dalam bidang cloud security dari berbagai negara.

C|CSE adalah sebuah program pelatihan dan sertifikasi yang memadukan konsep cloud security, dari yang berbasis vendor-netral sehingga memberikan arah pembelajaran yang menyeluruh, tidak bersifat bias, dan dapat digunakan secara umum pada semua teknologi cloud yang ada, baik yang bersifat best practice, framework fundamental, ataupun konsep.

Hal ini juga membantu praktisi cloud security mendapatkan skill yang dibutuhkan untuk bekerja terhadap sebuah platform cloud spesifik.

“C|CSE dari EC-Council dapat membantu dan melengkapi skill para praktisi yang dibutuhkan dalam dunia kerja khususnya di bidang cloud saat ini,” kata Grady Utama, Division Manager, PT Synnex Metrodata Indonesia.

Platform berbasis cloud, dalam perkembangannya saat ini, memungkinkan penyimpanan data yang terpadu, pertukaran data yang mudah, kemudahan akses data dari mana saja, meningkatkan reliabilitas pekerjaan yang dilakukan, hingga meningkatnya produktivitas karyawan.

Dengan meningkatnya adopsi penggunaan platform berbasis cloud pada saat ini, disampig hal-hal yang bersifat positif tersebut, juga menimbulkan adanya kemungkinan ancaman dan serangan cyber security seperti kehilangan data, kebocoran data, risiko koneksi yang tidak secure, dan banyak lagi.

Ancaman dan serangan yang muncul, terus bertambah setiap tahun nya, seiring dengan semakin banyak nya data yang disimpan di cloud. Dengan peningkatan tren dimana akan semakin banyak organisasi yang menggunakan cloud, maka aspek keamanan siber khususnya dalam kategori teknologi cloud dirasakan semakin dibutuhkan.

Cloud security adalah sebuah cara, prinsip, dan metodologi untuk melindungi infrastruktur, data, dan aplikasi yang berbasis cloud.

C|CSE adalah sebuah program pelatihan dan sertifikasi unik yang memberikan pengetahuan dan pembelajaran yang komprehensif yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi platform cloud yang banyak digunakan seperti AWS, GCP, dan Azure.

C|CSE memberikan skill yang dibutuhkan dalam menghadapi ancaman dan serangan cyber security yang ditujukan terhadap lingkungan platform cloud. C|CSE mengajarkan langkah dalam merencanakan, mengkonfigurasi, dan menjaga lingkungan platform loud yang baik dan aman.

C|CSE memberikan pengetahuan mengenai audit security dan penetration testing yang dilakukan agar sesuai dengan standar compliance, policy, prosedur, dan regulasi terkait lingkungan platform cloud.

C|CSE dapat memberikan skill yang dibutuhkan untuk terjun ke dalam bidang lingkungan pekerjaan yang menggunakan cloud platform dalam kesehariannya.

Program pelatihan dan sertifikasi C|CSE sangat cocok bagi para praktisi termasuk di dalamnya seperti Network Security Engineers, Cybersecurity Analysts, Network Seecurity Analysts, Cloud Administrators, Cloud Engineers, Network Security Administrators, Cloud Analysts, Cybersecurity Engineers, dan semua praktisi yang terkait dalam cloud management dan operation.

SF-Admin