Solusi Periklanan Mobile dari Criteo Mudahkan Pemasar Jangkau Pelanggan Baru

Criteo S.A. (NASDAQ: CRTO), platform periklanan untuk internet terbuka, mengumumkan peluncuran Criteo App Install di Indonesia, yang kini menjadi solusi full-stack mobile mandiri paling mumpuni.

Peluncuran produk ini memperkuat solusi periklanan Criteo secara end-to-end, setelah Criteo mengakuisisi Manage, platform aplikasi mobile berbasis data untuk kinerja pengiklan, tahun lalu. Penambahan solusi ini kini memungkinkan para pemasar untuk menjangkau dan memperoleh pelanggan baru, melibatkan dan menargetkan kembali pelanggan yang sudah ada, seluruhnya dalam satu platform yang disederhanakan.

Aplikasi mobile menjadi semakin populer di Asia Pasifik (APAC). Q1 2019 Global Commerce Review Criteo melihat bahwa transaksi mobile menyumbang 75% dari seluruh transaksi di APAC; dengan 51% dilakukan melalui aplikasi mobile, sementara hanya 24% transaksi terjadi di web mobile. Di Indonesia sendiri, sekitar 106 juta orang menggunakan ponsel mereka untuk mengakses internet, atau sekitar 87% pengguna internet di negara ini.

Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 134 juta pengguna internet telepon seluler di Indonesia, atau hampir 90% dari pengguna internet pada tahun 2023. Ini memberikan peluang bagi para penjual untuk meningkatkan keterlibatan pembelanja melalui aplikasi dan memperluas jangkauan pembelanja mereka melalui lebih banyak kanal.

“61% pembeli digital di Indonesia adalah pembelanja online dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi hampir 75% pada tahun 2023. Seiring dengan pertumbuhan ini, pendekatan brand terhadap kegiatan belanja juga harus ditingkatkan seiring dengan kecepatan perubahan konsumen,” kata Alban Villani, Regional Managing Director, SEA-Pacific  di Criteo.

“Perubahan lanskap ini menginspirasi kami untuk menjadi yang terbaik di kelasnya dalam perjalanan pemasaran seutuhnya untuk solusi adtech kami – untuk membantu meningkatkan animo masyarakat terhadap brand, memperoleh traffic, dan meningkatkan penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami juga mengakuisisi Manage untuk mengembangkan Criteo App Install sepenuhnya untuk membantu para pemasar mencapai tujuan full-funnel mereka dengan efisiensi maksimal dalam skala yang telah mereka tentukan”, lanjut Alban

Memaksimalkan nilai umur pelanggan aplikasi

Pengguna aplikasi di Indonesia meningkat pesat. Pendapatan penggunaan aplikasi diperkirakan mencapai US$27 juta pada tahun 2019 dan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 6,7% sepanjang 2016-2023, dengan volume pasar sebesar US$35 juta pada tahun 2023. Tren peningkatan ini menginspirasi Criteo untuk menyediakan solusi berbasis aplikasi untuk brand di Indonesia. Dengan memanfaatkan solusi retargeting dan re-engagement Criteo yang telah ada serta Criteo Shopper Graph, Criteo App Install kini bisa menawarkan para pemasar dan brand kemampuan untuk:

  • Meningkatkan jumlah unduhan aplikasi, serta meningkatkan keterlibatan pengguna dengan menggunakan iklan dinamis untuk mengarahkan traffickembali ke aplikasi.
  • Meningkatkan konversi dalam aplikasi (in-app) dengan pilihan iklan yang disesuaikan dengan preferensi pembelanja.
  • Menemukan dan menargetkan pengguna yang tepat dengan machine learningdan optimisasi prediktif.
  • Mendapatkan pengguna baru berkualitas tinggi pada jaringan penerbit besar di luar raksasa teknologi.
  • Mengakses inventaris video berkualitas dari solusi mobile-first.
  • Mengelola kampanye end-to-end.

“Para penjual dan brand diharapkan untuk memberikan pengalaman belanja yang mulus dan relevan di semua perangkat dan platform. Jenis konsumen baru ini, yang terhubung ke internet dan dapat mengakses pengalaman digital, interaksi dan konten, juga mencari beragam pengalaman pada aplikasi. Hal ini mendorong banyak brand untuk menawarkan pengalaman dan layanan yang berbeda kepada konsumen mereka,” tutur Theodoric Leung, Sr. Director of Mobile – AMER & APAC, Criteo.

SF-Admin