Tampak depan Starbucks Ahmad Yani Padang

Starbucks mengumumkan pembukaan gerai pertamanya di Padang, Sumatera Barat, menandai satu lagi tonggak sejarah bagi Starbucks di Indonesia. Gerai ini mewakili ekspansi Starbucks ke 54 kota di seluruh pasar.

“Sudah lama ditunggu oleh pelanggan kami di Sumatera Barat, Starbucks di Indonesia akhirnya membuka gerai pertamanya di Padang dan tidak pernah berhenti untuk terus menghadirkan Starbucks Experience kepada lebih banyak pelanggan, yang benar-benar menunjukkan semangat kami untuk memberikan kualitas kopi terbaik dari seluruh dunia, dengan tetap menghormati budaya lokal,” ujar Anthony McEvoy, pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia.

“Sebagai gerai Starbucks pertama di Sumatera Barat, Starbucks Ahmad Yani Padang diharapkan semakin dekat dengan pelanggan, memberikan kemungkinan tanpa batas bagi masyarakat sekitar sambil terus memberikan pelayanan terbaik,” tambahnya.

Terinspirasi dari desain tradisional Minangkabau

Gerai yang sangat dinantikan ini menawarkan kepada pelanggan destinasi yang nyaman untuk bersantai dan terhubung.

Terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani 8 Kp Jao, Padang, Starbucks kembali membuktikan komitmennya untuk membuka peluang tumbuh bersama masyarakat hingga ke wilayah paling barat di Indonesia.

Dari segi desain, gerai modern namun kaya sentuhan budaya ini meletakkan elemen desain tradisional Minangkabau melalui lensa kontemporer. Gerai ini adalah ekspresi komunitas, alam, dan craftmanship yang menginspirasi dan terus berkembang.

Inspirasi desainnya sendiri berasal darivernakular Rumah Gadang – panel-panel liniernya dengan motif Minangkabau yang menggambarkan elemen alam seperti daun dan bunga – yang diinterpretasi ulang dalam gaya modern.

Sebagaimana peran penting perempuan Minangkabau dalam komunitas mereka, seniman perempuan, Yessi Nur Mulianawati a.k.a. Yessiow, merayakan perempuan Sumatera yang membawakan kita kopi yang kita nikmati dan cintai. Ini juga merupakan penghormatan dengan menggambarkan rasa keintiman dalam komunitas.

Starbucks memiliki komitmen panjang untuk berinvestasi di komunitas yang dilayaninya di seluruh dunia. Merayakan hari jadinya yang ke-21, Starbucks telah berekspansi ke lebih dari 50 kota di Indonesia, dengan lebih dari 5.500 mitra yang bangga mengenakan green apron.

Dan hari ini, perusahaan menawarkan banyak cara bagi pelanggan untuk terhubung dengan orang yang mereka cintai melalui secangkir kopi Starbucks berkualitas tinggi. Dalam misinya untuk mengubah kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks, perusahaan juga berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat yang dilayaninya.

Pada tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertamanya di lingkungan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan kesempatan pendidikanbagi anak muda Tanah Abang, dilanjutkan dengan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) dalam mendukung pemberdayaan kaum muda.

Di penghujung tahun 2022, Starbucks juga membuka Signing Store pertamanya di Indonesia untuk menyediakan lingkungan kerja inklusif yang disatukan dalam Bahasa Isyarat.

SF-Admin