Tehbotol Sosro dan Flock Creative Network Beri Apresiasi pada Garda Depan COVID-19

Belum meredanya penyebaran wabah COVID-19, pada Bulan Ramadhan 2020 ini, membuat ibadah puasa tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Segala usaha pun dilakukan untuk menekan angka penularan dan kematian.

Seluruh aksi yang diinisiasi di Indonesia tidak mungkin berjalan lancar tanpa kontribusi berbagai pihak yang tergabung dalam garda terdepan; tenaga kesehatan, kasir supermarket, petugas pesan antar, hingga para pegiat bantuan sosial.

Tehbotol Sosro menyerukan apresiasi tertinggi untuk mereka melalui sebuah kampanye Ramadan tahunan yang bertajuk ‘Memberi Kebahagiaan adalah Kebahagiaan’. Berbeda dengan narasi Ramadan lainnya, Tehbotol Sosro menggali sudut pandang banyak orang dan merangkumnya ke dalam satu narasi sehingga menjadi padu dengan momentum Ramadan.

Flock Creative Network mengeksplorasi pesan ini untuk memberi apresiasi pada semua pihak yang ikut aktif berperan dalam menjaga stabilitas di tengah berlangsungnya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Konteks ‘bahagia’ pada ide ini pun berhasil diubah menjadi begitu sederhana, sesederhana harapan dan rasa aman untuk mencapai kemenangan bersama. Dan semua yang berkontribusi pada terbangunnya harapan tersebut berhasil meneruskan harapan kebahagiaan pada banyak orang. Di balik narasi optimisnya, beberapa tantangan tetap dihadapi selama produksi.

“Tantangan pertama adalah menyampaikan pesan berbagi kebahagiaan berupa statement yang mendukung para tenaga medis yang melawan COVID-19. Lalu yang lebih menantang lagi adalah kreativitas dalam mengeksekusi ide tersebut dengan mencari berbagai macam stock yang ada, baik itu image atau video,” papar Ade Prabas, Creative Group Head dari Flock Creative Network.

“Untungnya pada saat produksi, kami berkolaborasi dengan PH dan wartawan untuk mendapatkan image yang powerful untuk diramu jadi satu iklan Ramadan ini,” tambahnya.

Memasuki Mei 2020, total lebih dari 12.000 infeksi COVID-19 tercatat. Masyarakat diwajibkan untuk patuh pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menurunkan potensi infeksi. Berbagai dampak nyata mulai terasa pada berbagai dimensi kehidupan masyarakat Indonesia; kesehatan, ekonomi, hingga keamanan.

SF-Admin