Tak dapat dipungkiri, belanja online telah menjadi salah satu aktivitas yang sangat sering dilakukan. Saat belanja online atau mengirimkan paket, diperlukan kecermatan dan tentu kita perlu hati-hati dalam memilih jasa ekspedisi agar bisa mendapatkan layanan yang paling cepat dengan harga terjangkau. Apalagi waktu membeli sebuah barang, pasti kita tidak sabar untuk segera unboxing.

Sementara saat mengirimkan hadiah, pasti kita juga ingin mereka dapat segera menerimanya. Biasanya kita akan memeriksa melalui situs jasa ekspedisi untuk melacak lokasi paket yang kita beli atau kirim.

Jasa ekspedisi dan ongkos kirimnya adalah salah satu hal yang diperhitungkan saat kita check out barang dari keranjang belanja online atau ketika mengirim hadiah kepada keluarga.

Bagi konsumen, selisih harga yang tipis tetap menjadi pertimbangan yang besar. Belum lagi wirausahawan maupun UMKM yang seringkali mengirim barang secara kolektif dengan jumlah yang banyak, atau orang yang harus berkirim paket dari dan ke luar negeri.

Pertimbangan ongkos kirim menjadi satu hal yang patut digarisbawahi. Berikut ini merupakan 7 penentu biaya kirim paket yang perlu kita ketahui.

 

Lokasi Tujuan

Tujuan utama jasa ekspedisi adalah memberikan kemudahan pada pelanggan, utamanya dalam hal waktu dan pergerakan. Biaya yang dipatok untuk mengirimkan barang atau paket dengan jarak ratusan kilometer, tentu berbeda dengan lokasi yang memiliki jarak ribuan kilometer, hingga ke luar negeri. Penentuan lokasi pengiriman barang menjadi faktor pertama yang akan menentukan besar-kecilnya tarif ekspedisi. Semakin dekat jarak pengirim dengan penerima paket, maka tarif akan semakin murah.

 

Bobot Paket

Selain lokasi tujuan, bobot paket menjadi patokan tarif bagi pengiriman barang. Tarif pengiriman kulkas seberat 10 kilogram, tentu akan berbeda dengan dokumen yang hanya memiliki berat kurang dari 1 kilogrambeberapa ons. Hampir di setiap jasa ekspedisi, tarif paket dihitung per kilogram. Secara umum, semakin ringan bobotnya, maka biaya kirim semakin murah. Namun, khusus untuk pengiriman kargo, biaya kirim akan lebih murah apabila paket semakin berat.

 

Jenis Paket

Jasa ekspedisi melayani pengiriman untuk berbagai macam jenis paket. Keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam pengiriman barang. Maka dari itu, setiap jasa ekspedisi akan mengklasifikasikan jenis barang apa yang akan dikirim.

Umumnya, barang bernilai tinggi seperti elektronik, perhiasan dan surat berharga akan diberikan opsi untuk dilindungi dengan asuransi agar keamanan paket dapat dijamin. Ini memang membuat tarif paket akan lebih mahal dari harga standar, tetapi keamanannya lebih terjamin.

 

Jenis Transportasi

Faktor yang mempengaruhi tarif pengiriman selanjutnya yaitu, jenis transportasi yang digunakan. Efisiensi menjadi hal yang utama bagi penyedia jasa layanan ekspedisi. Penggunaan pesawat terbang maupun kapal laut sebagai moda transportasi tentu menjadi pertimbangan bagi jasa ekspedisi terkait jarak dan bobot pengiriman, serta kuantitas paket.

Pengiriman barang secara ekspres antar pulau hampir tidak mungkin dilakukan menggunakan moda transportasi darat. Apalagi, kalau lokasinya berada di luar negeri. Penggunaan kapal laut digunakan untuk mengirimkan kargo dengan jumlah yang banyak, maupun bobot yang berat. Selain itu, tarif pun tergantung pada penyedia layanan transportasi yang akan digunakan.

 

Rute Pengiriman

Rute pengiriman tampak serupa dengan faktor pertama yakni lokasi pengiriman. Hanya saja, rute pengiriman merupakan pertimbangan dari penyedia jasa layanan ekspedisi. Untuk pengiriman dalam negeri, kita tidak akan menemukan pilihan rute pengiriman pada saat check out belanjaan ataupun ketika mengirim paket kepada keluarga.

Namun, pada pengiriman luar negeri, rute akan mempengaruhi biaya yang harus dibayarkan oleh pengirim ketika menggunakan jasa pengiriman paket. Semakin pendek rutenya, maka biaya pengiriman paket akan semakin murah.

 

Layanan Pengiriman

Perbedaan kecepatan pengiriman paket merupakan produk unggulan dari masing-masing jasa ekspedisi. Di beberapa wilayah yang aksesnya masih terjangkau, sejumlah jasa ekspedisi berani mengeluarkan produk layanan ekspres, dengan jaminan pengiriman barang super cepat dalam jangka waktu 1-2 hari. Bahkan di kota-kota besar, khusus pengiriman di satu wilayah terdapat layanan same day service, namun tentu dengan harga yang lebih mahal.

 

Jasa Ekspedisi

Yang terakhir dan wajib diperhatikan bagi setiap konsumen adalah reputasi layanan jasa ekspedisi itu sendiri. Selisih tarif harga meskipun sedikit memang berpengaruh. Tapi lain cerita kalau harga yang murah malah mengorbankan kualitas pengiriman. Pelanggan biasanya akan cenderung memilih jasa ekspedisi yang aman, dengan kualitas pelayanan yang wahid.

Mulai dari mitra atau agen, pengiriman hingga kurir, dan tentunya waktu pengiriman yang terjamin. Pengalaman konsumen akan menjadi feedback bagi perusahaan jasa ekspedisi. Maka dari itu, perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki reputasi positif, tentu mencerminkan tingkat pelayanannya yang memuaskan.

Orang bilang, ada harga, ada rupa. Jangan sampai perbedaan harga yang minimalis, malah membuat kita repot apalagi merugi. Kita bisa melakukan survei sebelum memilih jasa ekspedisi mana yang akan digunakan untuk mengirim barang. Sebaiknya, pilihlah jasa ekspedisi yang sudah terpercaya.

Salah satunya yang bisa dijadikan pilihan yakni Shipper.id yang dapat memberikan harga terbaik sesuai dengan kebutuhan kita dan dilengkapi dengan layanan customer service selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket. Selain itu, dengan menggunakan Shipper kita juga bisa bebas memilih berbagai macam ekspedisi favorit.

 

SF-Admin