GoSend, layanan pengiriman barang dari Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan naik kelas memanfaatkan platform digital.
Layanan GoSend membantu mitra usaha untuk mengakses pasar yang lebih luas dan menjaga kualitas dan kecepatan pengiriman produk, sehingga turut berkontribusi terhadap pengalaman dan kepuasan pelanggan.
Head of Transport and Logistics Gojek Steven Halim, mengatakan, “Dalam mempersiapkan para UMKM menjadi “Best Seller” di 2025, kami fokus pada tiga amunisi utama. Pertama, kami berkomitmen untuk terus berinovasi, salah satunya baru-baru ini kami meluncurkan layanan GoSend Instant Hemat secara bertahap. Opsi ini menawarkan pengiriman cepat dengan harga yang lebih terjangkau. Inisiatif ini bisa terwujud berkat optimasi teknologi.”
Kedua, lanjutny, “Kami juga memberikan ragam penawaran spesial untuk mendongkrak penjualan dan visibilitas UMKM, terutama momen akhir tahun di mana tren belanja konsumen meningkat. Serta terakhir, kami secara konsisten berbagi pengetahuan terkini kepada UMKM dalam menunjang pengembangan bisnis mereka.”
Ragam inovasi penuhi kebutuhan UMKM
Selain GoSend Instant Hemat yang tengah diluncurkan bertahap, terdapat tiga layanan GoSend andalan pelaku UMKM:
- GoSend Instant, memberikan layanan pengiriman cepat dan tersedia jaminan pengiriman 1 jam sehingga cocok untuk digunakan seller yang menjual makanan frozen food hingga hampers yang banyak dipesan di momen akhir tahun.
- GoSend SameDay, menawarkan layanan pengiriman barang dengan estimasi waktu pengantaran 6-8 jam. Layanan ini paling sering digunakan sebagai metode pengiriman para seller di e-commerce untuk barang-barang seperti fashion, kebutuhan rumah tangga, hingga skincare dan alat make up.
- GoSend Car, memberikan layanan kirim barang dalam jumlah banyak atau paket besar hingga 100 kilogram. Layanan ini cocok untuk digunakan bagi para seller yang butuh mengirimkan barang dengan keamanan lebih tanpa ribet seperti mengirim pesanan makanan dalam jumlah besar, alat elektronik besar, maupun barang lainnya yang sensitif dan pecah belah.
Untuk meningkatkan pengalaman pengiriman dan memenuhi kebutuhan seller UMKM yang beragam, GoSend berinovasi dengan menghadirkan fitur GoSend Multi Delivery untuk pengiriman ke lebih dari satu alamat, asuransi yang memberikan perlindungan hingga Rp50 juta, serta jaminan pengiriman 1 jam.
Promo spesial sambut 2025
Dukungan kedua dari GoSend mencakup ragam penawaran khusus bagi UMKM serta ragam upaya untuk mendongkrang penjualan dan visibilitas UMKM.
Menghadapi 2025, GoSend menghadirkan promo menarik seperti GoSend Flat Ongkir 5 ribu, promo akhir tahun, dan diskon khusus pengiriman GoSend bagi para seller UMKM dengan berlangganan Gojek PLUS.
Dukungan lewat komunitas Best Seller GoSend & Ruang Belajar GoSend
GoSend juga membentuk Komunitas Best Seller GoSend yang menjadi upaya GoSend untuk menjangkau ratusan ribu seller yang memanfaatkan teknologi GoSend untuk menunjang bisnisnya.
Eksklusif bagi anggota Komunitas Best Seller GoSend, terdapat program penawaran khusus serta dukungan promosi produk atau usaha lewat konten Best Seller Story dan RekomenGoSend bersama Ariel Noah.
Dengan segala dukungan tersebut, kategori pelaku usaha yang tergabung dalam Komunitas Best Seller GoSend hingga Oktober 2024 ini pun sangat beragam mulai dari industri makanan dan minuman (46%), kecantikan (31%), hingga fashion (14%).
Para Best Seller GoSend juga telah tersebar di Pulau Jawa (82.9%), dimana 52.7% nya berasal dari wilayah Jabodetabek.
Untuk terus mengasah kemampuan seller UMKM, di momen spesial akhir tahun, GoSend menyelenggarakan Ruang Belajar GoSend Summit 2024 menghadirkan Ario Pratomo, Content Creator, Entrepreneur & Investor sebagai moderator serta Rizky Arief, CEO & Founder HMNS dan Fitria Vidyawati,Managing Director MKS Shoes sebagai narasumber pelaku UMKM yang sukses mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan platform digital.
Kehadiran ketiga sosok inspiratif ini memberikan pembelajaran praktis dan insight strategis mengenai cara menghadapi tantangan bisnis, meningkatkan penjualan, dan membangun merek yang kuat.
Bahasan turut mencakup strategi bisnis di tahun 2025, serta tips dan trik memanfaatkan momentum akhir tahun di mana 63% masyarakat Indonesia berencana untuk melakukan belanja online di momen ini.
Selain itu di momen akhir tahun ini, data internal GoSend menunjukkan terjadinya peningkatan transaksi secara keseluruhan dengan puncaknya terjadi pada minggu ketiga akhir tahun.
Barang-barang yang mengalami peningkatan pengiriman paling tinggi di momen ini, adalah hampers, makanan dan minuman dan peralatan rumah.
SF-Admin