Setyo Budi Hartanto, Timotius Mulyadi, dan Dr. Karsudi Saat Group Media Interview TikTok

Sebagai platform inklusif untuk siapa pun dalam mengekspresikan kreativitasnya, TikTok menyaksikan keberagaman konten dari kreator dengan berbagai latar belakang dan profesi, termasuk para atlet.

Semakin banyak atlet yang membagikan konten kreatif di TikTok, untuk membagikan momen baik saat latihan, hingga saat berlaga di ajang olahraga, termasuk di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) yang akan segera berlangsung. Para atlet ini turut memanfaatkan TikTok untuk terhubung dengan para pendukung dan masyarakat luas.

Dr Karsudi, SP. MSi, Plt Koordinator Bidang Pemasaran PB PON XX Papua 2021 ikut menyorot bagaimana aksi para atlet saat berlaga pun jadi bisa dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas selama campaign #TorangBisa berlangsung di TikTok.

“Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua kali ini mempunyai catatan sejarah penting, dimana  penyelenggaraannya di masa pandemi dan pertama kalinya diadakan di Indonesia Timur khususnya provinsi Papua. Hadirnya platform digital seperti TikTok membantu kami dan para atlet untuk mengajak masyarakat menyaksikan keseruan selama PON berlangsung dari rumah mereka, baik saat pertandingan maupun berbagai informasi menarik seputar olahraga,” ujarnya.

Sejumlah atlet membagikan momen seru mereka di TikTok, yang membuat pengguna ikut merasakan suasana pertandingan dan juga ikut bersemangat dalam mempersiapkan diri sebelum berlaga. Berikut adalah tiga momen terbaik untuk disimak:

Persiapan Latihan Menuju Pertandingan

Melihat atlet favorit berlaga di area pertandingan mungkin sudah biasa. Tapi sebenarnya bagaimana persiapan para atlet dalam berlatih dan menjaga kebugaran diri sebelum bertanding?

Atlet para atletik Setyo Budi Hartanto (@setyosportster) memperlihatkan persiapannya menuju PEPARNAS XVI Papua 2021 November mendatang. Setyo mengunggah video saat berlatih teknik vertical jump untuk take off 3 langkah lompat layang di udara.

Ia pun memberikan ilmu bahwa teknik ini adalah untuk melatih durasi take off tinggi agar maksimal dan adanya perhentian sejenak di udara. Kerap kali Setyo juga memberikan semangat dan motivasi pada pengguna lain saat berlatih menuju pertandingan atletik.

Mengintip Lokasi Pertandingan

Momen di belakang layar menjadi konten yang seringkali dibagikan oleh para atlet, yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat luas. Seperti yang dilakukan atlet renang Timotius Mulyadi (@timotiusmul) saat memperlihatkan situasi arena pertandingannya untuk PON di Papua yang mungkin jarang kita lihat sebelumnya.

Ia berbagi konten mengenai tour venue dan percobaan arena pertandingan renang nomor 3000 meter di Papua pada penggemarnya.

Selebrasi Kemenangan bersama Pendukung dan Masyarakat

Kemenangan yang diraih tidak lengkap rasanya jika tidak dirayakan bersama, walaupun secara virtual. Atlet muaythai asal Papua, Jackson Karmela (@ursugarboi1) mengunggah video singkat saat prosesi penyematan medali emas dan selebrasi raihan medali emas bersama rekan-rekan atlet asal Papua lainnya, yang ikut memicu semangat dan kebahagiaan masyarakat dari Sabang hingga Merauke.

Dalam video tersebut ia tidak lupa menunjukkan rasa terima kasihnya pada para penggemarnya di caption. TikTok mampu menjadi penghubung antara atlet dengan masyarakat agar bisa lebih dekat.

“Kami senang melihat para atlet profesional bisa menjadi diri yang otentik dan dapat menunjukkan sisi unik yang jarang masyarakat lihat dari TikTok. Kami akan terus memberikan pengalaman yang baru dan menyenangkan dalam merayakan acara olahraga besar seperti PON dan PEPARNAS ini. Dengan fitur kami yang akan terus berkembang, ke depannya TikTok akan menawarkan pengalaman yang lebih menyeluruh dan terkoneksi baik bagi atlet, suporter, maupun pihak lain di bidang olahraga,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.

Berbagai konten para atlet lainnya dapat dilihat di tagar #TorangBisa yang hingga kini meraih  lebih dari 300 juta views di platform TikTok.

Pantau dan telusuri #TorangBisa untuk mengetahui keseruan para atlet dan seluruh pihak yang mendukung suksesnya PON XX Papua 2021 dan tentunya PEPARNAS XVI Papua 2021 yang akan berlangsung pada 2 hingga 15 November 2021 mendatang.

Pengguna juga bisa ikut menyaksikan pesta penutupan PON XX 2021 Papua secara langsung mulai 19.00 WIT atau 17.00 WIB dil livestream akun @ponxxpapua2021.

SF-Admin