Di Indonesia lanskap perbankan digital berkembang pesat dengan fokus yang mengarah pada kebutuhan generasi milenial dan generasi Z yang melek teknologi. Seiring dengan proses adopsi digital yang pesat, kebutuhan menghadirkan pengalaman nasabah yang baik dengan tetap menjaga kepercayaan dan keamanan nasabah menjadi semakin penting.
Melihat hal ini, PT Bank Jago Tbk dan ADVANCE.AI, penyedia solusi verifikasi identitas digital dan manajemen risiko di Asia Tenggara, memperkuat kemitraan strategis untuk meningkatkan pengalaman dalam pembukaan rekening nasabah.
Melalui solusi electronic know your customer (eKYC) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), verifikasi identitas digital dan layanan pendaftaran nasabah dapat dilakukan dengan aman, efisien, dan bebas hambatan serta memenuhi standar keamanan dan kepatuhan ketat.
Melalui solusi eKYC, ADVANCE.AI menyederhanakan proses pendaftaran nasabah dan menjaga identitas nasabah dengan mencegah aktivitas penipuan yang berasal dari eksploitasi teknologi. Ini tentunya bertujuan untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan untuk nasabah yang melek digital.
“Kami ingin menjadi bank berbasis teknologi yang kuat dan terintegrasi dalam ekosistem digital Indonesia guna memenuhi kebutuhan segmen pasar ritel, mass market, dan usaha kecil dan menengah,” kata Irene Santoso, Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago, “Kami bekerja sama dengan ADVANCE.AI, berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan solusi keuangan yang berfokus pada kehidupan nasabah kami.”
Solusi eKYC ADVANCE.AI mengintegrasikan berbagai fitur, seperti OCR (optical character recognition), deteksi keaktifan, dan perbandingan wajah ke dalam proses pembukaan rekening yang dilakukan Bank Jago. Bank Jago meyakini solusi seperti ini akan menjadikan proses registrasi nasabah secara digital akan menjadi lebih mudah, nyaman, dan aman.
Ronald Molenaar, Country Manager Indonesia ADVANCE.AI, mengatakan, “Masa depan perbankan terletak pada integrasi teknologi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas hambatan.”
“Kemitraan kami dengan Bank Jago mencerminkan misi kami untuk memprioritaskan proses pendaftaran nasabah yang aman, terjamin, dan lancar, sehingga memungkinkan lembaga keuangan untuk tetap kompetitif dan patuh dalam lanskap yang dinamis saat ini sekaligus berkontribusi pada agenda nasional, yakni inklusi keuangan untuk semua konsumen dan bisnis di Indonesia,” jelasnya.
ADVANCE.AI menawarkan solusi komprehensif yang secara signifikan dapat mendukung lembaga keuangan, seperti Bank Jago dalam mencapai kepatuhan terhadap peraturan dan mencegah upaya anti-pencucian uang.
Dengan memanfaatkan kekuatan AI), analisis data, serta kemampuan pemantauan transaksi secara real-time, ADVANCE.AI dapat membantu verifikasi identitas, autentikasi dokumen identitas, memeriksa keberadaan individu, menandai individu yang terkena sanksi atau terdaftar dalam AML, mengidentifikasi individu dengan risiko kredit yang tinggi, dan masih banyak lagi.
Pemeriksaan ini akan memungkinkan bank dan lembaga keuangan untuk segera mengatasi potensi risiko selama proses penerimaan nasabah.
Sampai dengan kuartal II-2023, Bank Jago telah melayani total lebih dari 8,3 juta nasabah, termasuk 6,7 juta nasabah funding, melalui Aplikasi Jago.
Dengan memanfaatkan solusi dan teknologi eKYC yang canggih dan inovatif, bersama dengan ADVANCE.AI, Bank Jago telah membuka akses yang lebih luas terhadap layanan perbankan di seluruh Indonesia, meningkatkan kehidupan jutaan orang serta menjembatani kesenjangan inklusi keuangan untuk membantu membangun masyarakat yang lebih berdaya secara ekonomi.
SF-Admin