Bank Neo Commerce selalu berupaya untuk menawarkan berbagai produk dan fitur yang mampu menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh nasabah.

Saat ini, tidak terasa kini masyarakat telah berada di masa pasca pandemi yang memungkinkan kita untuk dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. Sejak tahun lalu, masyarakat Indonesia telah mulai berani melakukan perjalanan wisata ke luar kota bahkan luar negeri.

Tren tersebut diprediksi akan terus berlanjut, apalagi akhir tahun 2023 sudah di depan mata, sudah menjadi tradisi bahwa banyak masyarakat Indonesia yang melakukan liburan akhir tahun di setiap tahunnya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Populix pada tahun 2022 terkait liburan akhir tahun, menunjukkan bahwa tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berencana menghabiskan akhir tahun dengan liburan.

Tiga hasil teratas terkait rencana kegiatan responden dalam mengisi liburan akhir tahun yaitu, sebanyak 67% responden berencana mengunjungi tempat wisata alam, 65% responden berencana berwisata kuliner, dan sebanyak 48% responden berencana untuk sekadar menghabiskan waktu di penginapan seperti hotel, atau sering disebut dengan staycation.

Berdasarkan data Mandiri Spending Index (MSI), tren belanja masyarakat hingga memasuki pertengahan Agustus 2023 masih terjaga stabil dan menunjukkan resiliensi.

Per 13 Agustus 2023, MSI mencatatkan nilai 164,4. Jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi atau Januari 2020, tingkat belanja masyarakat tumbuh hingga 64,4 persen.

Sementara, sampai Juli 2023, tren belanja masyarakat mencatat angka 168,1, atau tumbuh 31,8 persen secara tahunan (year on year) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laju belanja masyarakat itu diperkirakan akan terus meningkat di sisa tahun ini mendekati masa kampanye pemilihan umum.

Apapun rencana aktivitas yang akan dilakukan untuk mengisi waktu liburan akhir tahun, tentu diperlukan perencanaan yang matang, baik dari segi tempat tujuan, penginapan, hingga biaya yang merupakan aspek terpenting. Berikut merupakan lima (5) tips yang dapat diperhatikan dalam merencanakan liburan akhir tahun.

Jaga kesehatan

Kesehatan adalah hal yang paling utama untuk kita perhatikan setiap waktu, tidak terkecuali saat berlibur. Dengan memiliki tubuh yang prima, kita bisa mengeksplorasi beragam tempat wisata di daerah tujuan liburan kita.

Makan teratur, banyak minum air putih, dan tidur yang berkualitas dan cukup merupakan tiga kunci sederhana untuk kita agar dapat memiliki badan yang sehat. Kesehatan perlu diperhatikan dengan baik saat merencanakan liburan, sehingga kita tidak mudah jatuh sakit, dan aktivitas liburan nantinya akan berjalan lancar, seru, dan menyenangkan.

Siapkan akomodasi dan tiket transportasi sebisa mungkin lebih awal

Menyiapkan akomodasi dan tiket transportasi seawal mungkin, menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Karena dengan mempersiapkan akomodasi dan tiket transportasi lebih awal, liburan kita akan berjalan dengan baik.

Jangan lupa, biasanya kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika booking akomodasi dan tiket transportasi ke daerah tujuan lebih awal.

Cari tahu kegiatan dan tempat wisata di daerah tujuan

Mencari tahu tempat-tempat wisata dan berbagai kegiatan seru di daerah tujuan, juga sebaiknya dilakukan dalam merencanakan liburan akhir tahun. Sehingga saat liburan, kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik, dan pada akhirnya dapat menikmati liburan akhir tahun dengan optimal.

Namun, tentu tidak ada salahnya juga jika kita hanya ingin berlibur dengan tenang, memanjakan diri  dengan pijat dan spa, atau hanya ingin sekadar beristirahat di penginapan, atau staycation.

Bawa perlengkapan secukupnya

Saat merencanakan liburan, penting juga untuk memperhatikan barang apa saja yang akan dibawa saat liburan nanti. Bawalah barang secukupnya sesuai dengan durasi liburan dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan jangan sampai kita kerepotan saat tengah berlibur dengan barang bawaan kita sendiri.

Menabunglah dari jauh hari

Salah satu aspek yang tidak kalah penting tentunya budget, merencanakan anggaran untuk berlibur tentunya harus dilakukan jauh-jauh hari. Pastikan bahwa memang dana yang dipakai adalah dana yang dianggarkan untuk liburan, jangan sampai kita memakai dana-dana yang sudah dianggarkan untuk keperluan yang lain, dana darurat contohnya.

Banyak fitur-fitur dalam aplikasi keuangan yang dapat membantu kita dalam merencanakan anggaran, termasuk anggaran liburan.

Tidak hanya fitur, terdapat juga produk keuangan yang dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah produk Neo Wish milik aplikasi neobank oleh Bank Neo Commerce (BNC).

Neo Wish merupakan tabungan berjangka yang dapat membantu nasabah BNC untuk mencapai tujuan dana tertentu dengan cara menabung secara berkala selama periode waktu tertentu, salah satunya yaitu liburan.

Produk Neo Wish memiliki beragam keuntungan bagi para nasabah, antara lain:

  • Bunga kompetitif. Produk-produk yang ditawarkan Bank Neo Commerce melalui aplikasi neobank memiliki bunga yang kompetitif, termasuk produk Neo Wish yang menawarkan bunga hingga 5,5% per tahun.
  • Tenor bervariasi. Neo Wish menawarkan tenor yang bervariasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Tenor Neo Wish yang dapat dipilih oleh nasabah yaitu Harian (mulai dari 3 hingga 7 hari), Mingguan (mulai dari 3 minggu hingga 24 minggu), dan Bulanan (mulai dari 3 hingga 24 bulan).
  • Bebas penalty. Tabungan berjangka biasanya akan mengenakan penalti saat nasabah ingin mengambil dana sebelum target tercapai. Namun di Neo Wish nasabah bisa mengambil dananya kapan saja dan tentunya bebas biaya penalti.
  • Bisa mengakomodir banyak keinginan. Tentunya kita semua memiliki berbagai macam keinginan, mulai dari ingin ganti gadget, pergi umroh, beli kendaraan, termasuk pergi liburan. Nasabah bisa membuat lebih dari satu impian di Neo Wish, tinggal setting akun Neo Wish sesuai keinginan nasabah dan semua keinginan punya akunnya masing-masing.

Sejak diperkenalkan, pengguna produk Neo Wish terus meningkat. Data menunjukkan nasabah yang memanfaatkan Neo Wish semakin bertambah dari waktu ke waktu, begitu juga dengan nominalnya. Hingga pertengahan Agustus ini, produk Neo Wish sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 26.000 nasabah BNC.

Jumlah nasabah yang memanfaatkan produk Neo Wish ini meningkat sebesar 230,2%, dari yang sebesar 8.010 nasabah di Oktober 2022, menjadi 26.449 di Agustus 2023.

Total nominalnya juga mengalami peningkatan sebesar 5.279,82%, dari posisi Oktober 2022 yang hanya sebesar Rp466,88 juta menjadi Rp25,12 miliar di posisi Agustus 2023.

Pjs Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk, Aditya Windarwo, mengatakan, “Kami menawarkan produk Neo Wish untuk dapat membantu nasabah dalam meraih berbagai impian mereka. Account Neo Wish yang dibuat oleh nasabah kami juga terlihat peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 254,22%, dari sebanyak 9.714 account pada Oktober 2022, menjadi sebanyak 34.409 account pada Agustus 2023. Hal ini menandakan bahwa para nasabah menilai Neo Wish sangat bermanfaat dan membantu nasabah dalam mencapai impian mereka.”

Berikut merupakan cara memanfaatkan produk Neo Wish di aplikasi neobank:

  • Buka aplikasi neobank dan pilih Neo Wish
  • Pilih menu “Mulai Buat Impianmu”
  • Pilih kategori dan ubah namanya sesuai dengan kebutuhan
  • Tentukan target tabungan
  • Pilih tenor yang sesuai
  • Fitur autodebet akan otomatis menghitung berapa uang yang harus ditabung sesuai tenor
  • Periksa semua informasi, dan jika sudah sesuai, klik “Buat Impianmu”
  • Neo Wish berhasil dibuat

SF-Admin