Di bulan Ramadhan ini, pemilik bisnis harus pintar memanfaatkan momen untuk memberikan penawaran yang pas dengan keinginan pasar. Seperti, bingkisan lebaran atau hampers menjadi produk yang populer saat ini. Kiriman hampers diprediksi akan mengalami kenaikan permintaan seiring dengan larangan mudik dari pemerintah.

Bagi sebagian besar orang, hampers lebaran menjadi media silaturahmi untuk keluarga, sanak saudara, dan teman dekat. Saat ini pun, hampers lebaran memiliki variasi produk yang beraneka ragam dengan kemasan yang unik dan menarik.

Ayunda Zikrina, Head of Brand & Market Development Niagahoster, menyampaikan bahwa pemilik bisnis dengan produk-produk rumahan, makanan, hingga pakaian, dapat mempertimbangkan membuat paket hampers saat lebaran. Permintaan pasar yang tinggi berpeluang memberikan keuntungan yang besar bagi para pemilik bisnis.

Perusahaan penyedia layanan web-hosting, Niagahoster membagikan tips sukses berbisnis hampers di bulan Ramadhan. Apa saja? Simak artikel di bawah ini!

 

Pilihlah Produk yang Tahan Lama

Kabar baik bagi para pemilik bisnis yang baru memulai usaha di bulan Ramadhan, bisnis hampers bisa jadi pilihan yang menarik. Namun, pastikan produk yang dijual memiliki daya tahan dan daya simpan yang cukup lama.

Produk-produk seperti kue kering, paket hijab, produk kerajinan, dapat menjadi pilihan yang baik. Atau jika menjual produk dengan daya tahan yang lebih singkat, pastikan menyediakan pengiriman kilat agar menjaga kualitas produk hingga sampai ke penerima hampers.

 

Sediakan Paket dan Promo Khusus Ramadhan

Data dari Vouchercloud menyebutkan 79,8% konsumen menggunakan kupon secara reguler. Ayunda menyebutkan, pada dasarnya konsumen menyukai berbagai jenis promo dan diskon untuk mendapatkan penawaran terbaik.

“Di saat inilah proses pertimbangan membeli produk dimulai, produk menarik dengan harga yang sesuai yang menjadi pemenangnya,” ungkap Ayunda.

Agar hampers ini lebih menarik, Ayunda berpendapat perlu untuk membuat beberapa paket khusus hampers dengan produk-produk pilihan. Cara ini akan memberikan opsi bagi para konsumen untuk memilih hampers sesuai kebutuhan dan harga yang mereka inginkan.

 

Promosikan Secara Online

Business Online Owner Survey 2021 yang dilakukan oleh Niagahoster menyebutkan 34.44% pemilik bisnis beranggapan bahwa perlu beralih ke online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak dapat dipungkiri, di masa pandemi saat ini go online memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Data dari Google juga menyebutkan bahwa 59% pembeli online mencari informasi di mesin pencari sebelum mereka melakukan pembelian. Ayunda menambahkan, data ini berarti pemilik bisnis perlu untuk berada di platform online, seperti media sosial, website, hingga WhatsApp untuk memastikan dapat terkoneksi dengan konsumen.

“Pemilik bisnis di masa pandemi sangat dianjurkan untuk go online. Maksimalkan media pemasaran melalui WhatsApp, media sosial, hingga website agar dapat menjangkau pelanggan yang berkunjung melalui media go online manapun,” ungkap Ayunda.

 

Kreasikan dengan Packaging yang Menarik

Hampers tidak akan menarik tanpa kemasan yang indah dan kreatif. Data dari Dotcom Distrubution menyebutkan, 50% konsumen akan merasa puas dengan kemasan produk yang seperti kado atau kemasan dari barang bermerek.

Pemilik bisnis dapat mengombinasikan beberapa produk dalam kotak hadiah dengan kreasi pita, bunga, dan kertas tanda ucapan. Kemasan yang premium akan memberi kesan eksklusif bagi penerima hampers.

Demikian adalah beberapa tips berbisnis hampers di bulan Ramadhan. Tips ini juga cocok diaplikasikan bagi para pemilik bisnis pemula. Hampers lebaran dan bingkisan hari raya lainnya dapat menjadi peluang yang besar di masa pandemi seperti saat ini.

 

SF-Admin