Tokopedia Salam Kembali Hadir untuk Mudahkan Berkurban di Saat Pandemi

Pada akhir Juli 2020 ini, umat muslim akan menyambut datangnya perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Untuk memudahkan membeli dan menyakurkan hewan kurban, Tokopedia Salam kembali menghadirkan layanan Qurban yang bisa memudahkan masyarakat berkurban secara amanah dan mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, mengatakan, “Melalui Tokopedia Salam, masyarakat dapat membeli dan menyalurkan hewan kurban tanpa harus ke luar rumah dengan lebih mudah, amanah dan sesuai syariat Islam. Selain bisa mengurangi interaksi langsung di tengah pandemi, masyarakat juga bisa memilih jenis hewan kurban maupun lembaga pelaksana kurban sesuai preferensi.”

“Setiap pembelian hewan kurban akan langsung disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai pelosok negeri, termasuk yatim dan dhuafa terdampak pandemi, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah,” lanjut Garri.

Dalam pelaksanaannya, Tokopedia juga bekerja sama dengan 9 lembaga pengelola kurban amanah seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Eco Qurban, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Lembaga Amil Zakat Nasional Al Azhar, NU CARE-LAZISNU, Rumah Zakat dan Qurban Nusantara. Seluruh pengelola kurban yang bermitra dengan Tokopedia telah mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama dan menerapkan standar layanan pemeliharaan kurban yang baik.

Pakar Ekonomi Syariah, Adiwarman Karim, mengungkapkan dukungannya terhadap layanan Qurban di Tokopedia Salam. “Kami mendukung perkembangan inovasi teknologi yang dilakukan oleh seluruh pihak termasuk Tokopedia dalam mempermudah ibadah kurban umat muslim di Indonesia, terutama di masa pandemi. Malah dalam masa ini, kita harus menggiatkan kurban sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.”

Adiwarman menambahkan, “Melalui pemanfaatan teknologi ini, diharapkan seluruh umat muslim dapat tetap menunaikan ibadah kurban selama masa pandemi sesuai syariat Islam sekaligus menerapkan protokol kesehatan.”

Saat ini, masyarakat dapat mulai membeli hewan kurban melalui Tokopedia Salam sejak jauh hari dengan harga lebih terjangkau. Sementara untuk proses pemeliharan hewan kurban, pemotongan hingga penyaluran daging kurban, akan dibantu sepenuhnya oleh lembaga pengelola kurban yang terhubung dengan Tokopedia.

Masyarakat bisa memilih 4 varian hewan kurban baik kambing atau sapi, seperti Kambing Standar (23-28 kg) dan Sapi Standar (220-250 kg), Kambing Medium (29-34 kg) dan Sapi Medium (250-300 kg), Kambing Premium (>35 kg) dan Sapi Premium (>300 kg) dan Kambing/Sapi Spesial (Kalengan, berupa kornet ataupun rendang).

Pembeli akan mendapatkan laporan dari status hewan kurban, mulai dari tahap pembelian, pemotongan hingga distribusi. Tokopedia juga akan mengirimkan sertifikat pembelian hewan kurban untuk pembeli melalui pusat notifikasi dan email sebagai tanda bukti.

“Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran bagi masyarakat muslim yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Melalui layanan Qurban ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam tetap berbagi kebaikan lewat berkurban secara lebih mudah dan amanah, ungkap Garri.

Selain Qurban, Tokopedia Salam juga telah menghadirkan fitur-fitur lainnya demi mempermudah masyarakat dalam menjalankan ibadah seperti Al-Qur’an digital dan Jadwal Sholat. Fitur Kotak Amal Masjid juga sudah diluncurkan untuk mempermudah masyarakat menyalurkan infaq demi membantu pembangunan masjid di pelosok negeri dan anak yatim yang membutuhkan.

Ke depannya, Tokopedia melalui Tokopedia Salam akan terus menambahkan inovasi pada berbagai fitur dan layanan dengan mengeksplorasi kerja sama dengan berbagai mitra strategis lainnya sebagai bentuk komitmen Tokopedia untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital.

SF-Admin