Tokotown Pro dan Gojek Jembatani Mitra UMKM dengan Content Creator

Tokotown Pro

Mengutip data tren pasar, 89% konsumen mengambil keputusan untuk belanja produk karena dipengaruhi oleh konten media sosial; 61% konsumen mengatakan para influencer mikro lebih dipercaya dalam hal konten. Begitu pula dengan kaum milenial, 61% dari mereka mengambil keputusan untuk membeli produk saat menyimak akun-akun para influencer digital.

Platform pemasaran yang memiliki anggota ratusan content creator, Narrators menghadirkan aplikasi Tokotown Pro bagi para merchant (mitra usaha), yang merupakan kerja sama dengan Gojek.

Dengan hadirnya kerja sama tersebut, Tokotown Pro menyediakan akses langsung bagi para mitra usaha di ekosistem Gojek agar terhubung dengan pembuat konten media sosial yang telah diuji dan diverifikasi.

Dengan Tokotown Pro, para mitra usaha dapat berkolaborasi langsung dengan pembuat konten secara real-time, tanpa proses negosiasi yang merumitkan dan tidak memerlukan biaya tambahan.

Para mitra usaha dapat bertukar produk maupun layanan, penawaran (promo, diskon), dengan konten yang dihasilkan oleh para content creator, untuk kemudian diposting di berbagai saluran media sosial, termasuk Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Upaya tersebut diharapkan dapat mendukung para pedagang yang sebagian besar merupakan UMKM dalam memperluas jangkauan konsumen, mendorong arus konsumen ke gerai, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan layanan.

Solusi Tokotown Pro yang hadir melalui kolaborasi dengan Gojek ini sejalan dengan upaya #MelajuBersamaGojek yang inklusif dan komprehensif, yang membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi di setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, termasuk pemasaran.

Founder & CEO Narrators Laurent Verrier menyatakan, ” Sejalan dengan temuan tersebut, kami di Narrators berupaya untuk menghasilkan konten  media sosial dengan jangkauan luas yang berdampak positif baik bagi para pemilik merek maupun  content creator.  Kami senang dapat berkolaborasi dengan Gojek dalam peluncuran Tokotown Pro, yang dapat menghubungkan komunitas content creator kami dengan para mitra usaha atau pemilik gerai. Di satu sisi, para mitra usaha dapat memperoleh dukungan data dan teknologi untuk mendorong kampanye mereka secara efisien. Di sisi lain, para content creator berkesempatan untuk mendapatkan apresiasi atas keterampilan pembuatan konten dan pemirsa mereka.”

VP Commercial Solutions and Operations Gojek Vincent Bachtiar mengatakan, “Para mitra usaha yang sebagian besar pelaku UMKM selama ini kurang memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan influencer atau content creator dalam mengkampanyekan gerai, produk, dan layanan juga. Hal ini disebabkan karena akses ke jejaring sosial yang terbatas atau karena tingginya biaya.

Vincent menambahkan, “Gojek selalu berinovasi untuk mengembangkan produk dan teknologi untuk menciptakan solusi baru atas permasalahan yang dihadapi para mitra usaha yang merupakan bagian dari ekosistem kami.”

“Bekerja sama dengan Narrators , kami menghadirkan produk dan layanan yang memudahkan dan menjadi andalan bagi para mitra usaha di Indonesia dalam mengembangkan usaha mereka; dengan menghubungkan ratusan ribu mitra usaha dalam ekosistem kami dengan komunitas influencer mikro dan makro Narrators yang luas,” jelasnya.

Setiap content creator dalam Tokotown Pro telah melalui proses verifikasi baik melalui analisis data maupun manual. Dengan demikian, para mitra usaha dapat leluasa memilih content creator yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sebagai platform on-demand, Tokotown Pro memudahkan para mitra usaha untuk membuat kampanye offline maupun online dalam sekejap dan mempublikasikannya di aplikasi influencer Tokotown Pro.

Semua konten para influencer dan hasilnya dapat langsung dipantau melalui dashboard kampanye. Para mitra usaha dapat bertukar voucher produk dan layanan maupun pengalaman dengan para content creators, sehingga tidak perlu melakukan pembayaran lagi.

Para content creator dalam komunitas Tokotown memiliki pengaruh dan followers dengan jumlah dari 1.000-1.000 (Nano), 10.000-75.000 (Mikro), hingga 75.000-250.000 (Makro), dan aktif berkampanye di berbagai bidang, dari makanan (untuk kafe dan restoran), gaya hidup  (untuk gim, olahraga, dan otomotif), kecantikan (untuk make-up), dan hiburan (untuk event).

Vincent menambahkan, “Cukup bermodalkan ponsel, para mitra usaha dapat dengan mudah membuat kampanye dengan aplikasi Tokotown Pro. Mereka dapat menentukan jenis publikasi yang dibutuhkan dan  melengkapi informasi singkat tentang kampanye, termasuk penawaran yang akan diberikan, misalnya voucher GoFood bagi mitra usaha yang bergerak di bidang makanan, review produk, buy 1 get 1, dan diskon; lalu  memilih content creator sesuai dengan target pasar mereka.”

Dengan ponsel, mitra usaha warung dapat mengakses aplikasi TokoTown Pro, yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Informasi terkini tentang Tokotown dapat diperoleh di tokotown.com.

 

SF-Admin