Traveloka Luncurkan ‘Online Xperience’ Dukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia

Di era normal baru, pemanfaatan teknologi serta kolaborasi antar berbagai pihak menjadi krusial demi mempercepat adaptasi serta pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu, Traveloka, meluncurkan Online Xperience, kategori produk terbaru dari unit bisnisnya yang berfokus di sektor lifestyle, Traveloka Xperience.

Menampilkan beragam individu yang unggul di bidangnya masing-masing, Online Xperience merupakan salah satu wujud nyata Traveloka dalam mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pelaku UKM dan Pemerintah.

Dapat diakses melalui kanal Traveloka Xperience, Online Xperience dirancang untuk mendorong pengguna agar tetap aktif dan mengasah keterampilannya di era normal baru (new normal).

Menghadiri peluncuran produk Online Xperience pada sesi siaran langsung (live stream) Traveloka LIVEstyle pada Jumat (26/06), mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Joshua Simanjuntak selaku Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, mengapresiasi langkah yang diambil oleh Traveloka yang tidak hanya menghadirkan inovasi dalam beradaptasi dengan situasi terkini, namun juga membantu para pelaku industri di sektor ekonomi kreatif.

“Telah sama-sama kita ketahui bahwa industri ini merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi COVID-19 dan inisiatif seperti Online Xperience dapat memberikan kontribusi positif, baik bagi masyarakat maupun pelaku industri. Ini juga sejalan dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk tetap berkarya di tengah situasi menantang ini.”

Sebelumnya, data gabungan dari Kemenparekraf dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Mei mencatat terdapat 44.295 pekerja seni dan pekerja kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Joshua juga menambahkan, “Online Xperience merupakan cerminan atas implementasi prinsip AADC (Accept, Adapt, Digital, dan Creative Collaboration) yang kami gagas untuk dapat diadopsi oleh para pemain kreatif lokal, yang tidak hanya dapat diterapkan untuk mengatasi situasi pandemi COVID-19, tapi juga sebagai jawaban atas tantangan era digital saat ini.”

Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, Traveloka senantiasa berupaya untuk menghadirkan inovasi yang dapat menjadi solusi atas kebutuhan pengguna maupun mitra. “Online Xperience menjadi manifestasi dari komitmen kami dalam beradaptasi dengan perubahan kebiasaan pengguna saat ini yang mungkin masih enggan untuk beraktivitas di luar, namun perlu melakukan hal produktif untuk mengisi waktunya.

Online Xperience juga menjadi awal dari dukungan kami terhadap gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, di mana kami mendorong para individu berbakat di tanah air untuk terus berkarya dan berbagi inspirasi, sehingga inisiatif ini dapat menjadi alternatif pendapatan bagi pegiat ekonomi kreatif di Indonesia,” ujar Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience.

Dapat diakses sejak 15 Juni 2020 lalu, Online Xperience menawarkan konten eksklusif yang kreatif, inspiratif, dan edukatif dari para pelaku kreatif Indonesia. Pengguna dapat mengikuti program interaktif memasak, kesenian, gaya hidup sehat, hingga keterampilan usaha.

Keistimewaan yang ditawarkan oleh produk ini adalah konten yang eksklusif, di mana setiap sesinya disiarkan langsung oleh para host tanpa direkam terlebih dahulu. Dengan demikian, setiap pengguna mendapatkan pengalaman spesial dengan kesempatan diskusi yang lebih mendalam dan interaktif.

Di tahap awal peluncurannya, Traveloka Xperience berkolaborasi dengan para individu yang ahli di bidangnya, seperti Mikael Jasin, pemenang Indonesian Barista Championship (IBC) 2019 & 2020 dan peraih peringkat keempat World Barista Championship 2019; Brian Sumito, fotografer makanan ternama Indonesia; Gloria Susindra, pemilik restoran Mother Monster yang sebelumnya merupakan head chef ST ALi Jakarta; dan banyak individu menarik lainnya.

Ke depannya, pelaku industri kreatif binaan Kemenparekraf juga akan bergabung di Online Xperience untuk memberikan sesi eksklusif yang inspiratif dan kaya manfaat bagi pengguna Traveloka.

Finalis World Barista Championship 2019 asal Indonesia yang juga membuka sesi di Online Xperience, Mikael Jasin, mengaku antusias dengan adanya inovasi dari Traveloka ini.

“Seperti yang kita semua ketahui bahwa bisnis tempat ngopi saat ini cukup terdampak oleh pandemi COVID-19. Membawa pengalaman yang sebelumnya dirasakan langsung ke layar virtual tentunya tidak mudah, tapi saya yakin bahwa ini merupakan salah satu solusi yang dapat ditempuh untuk menjaga sustanibilitas pekerjaan. Melalui Online Xperience, saya dapat berinteraksi langsung dan berdiskusi dengan para penikmat kopi lainnya, yang menjadi hal istimewa di masa limited physical contact seperti saat ini,” tutur Mikael.

Online Xperience dapat diakses para pengguna pada halaman muka Traveloka Xperience dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi atau website Traveloka
  2. Pilih produk Traveloka Xperience
  3. Pilih kategori produk Online Xperience
  4. Pilih sesi yang diinginkan
  5. Lakukan pemesanan sesuai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan
  6. Setelah pembayaran berhasil dilakukan, link untuk dapat mengakses sesi online yang dipilih akan dikirimkan ke email pengguna

Sesi Online Xperience ditawarkan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp45.000 hingga Rp573.000, tergantung pilihan kelas dan tingkat kerumitannya. Harga sesi tertentu juga termasuk pembelian dan pengiriman material yang akan diuji coba selama sesi, dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan masing-masing host.

Di edisi perdana Online Xperience, Traveloka Xperience memberikan program Early Bird dengan potongan harga mulai dari 50% untuk pilihan sesi tertentu dan potongan harga 20% jika menggunakan kartu debit Bank Mandiri hingga 31 Juli 2020.

Pengguna juga akan mendapatkan Traveloka Points pada setiap pemesanan produk Online Xperience yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk melakukan pemesanan produk Traveloka lainnya di kemudian hari.

SF-Admin