PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU), emiten produsen tepung olahan gandum yang merupakan bagian  dari  Cerestar  Group  sedang memfokuskan upaya pada peningkatan kapasitas produksi sebesar 600 MT/hari di pabrik Gresik.

Saat ini utilisasi kapasitas produksi TRGU sudah hampir mencapai 90%. Jika dilihat dari jejak pencapaian Perusahaan, penambahan kapasitas baru di pabrik Gresik akan menjadi yang ketiga kalinya, ekspansi  kapasitas pertama dengan penambahan production line sebesar 500MT/hari terjadi pada tahun 2016, lalu penambahan kapasitas kedua sebesar 600MT/hari terjadi pada tahun 2020.

Sehingga  dalam  kurun  waktu kurang dari 10 tahun, Perseroan secara aktif sudah melakukan ekspansi kapasitas produksi. Perseroan memprediksikan unit produksi mereka di Gresik mulai beroperasi secara komersial pada Q1 2024. Sehingga, total kapasitas produksi tepung terigu yang akan dibidik adalah 2.200 MT/hari.                                             

Langkah  ini  diambil  TRGU  untuk mengimbangi peningkatan permintaan akan tepung terigu, mengingat permintaan untuk tepung terigu terus meningkat, sementara  konsumsi per kapita  di  Indonesia  jauh  lebih  kecil dibandingkan negara-negara  Asia Tenggara lain.

TRGU melihat masih ada banyak ruang untuk bertumbuh, terutama dari segi pangsa pasar yang saat ini masih belum sepenuhnya  terlayani produsen  terigu lainnya. Selain segmen industri, salah satu segmen yang hendak dibidik Cerestar Indonesia adalah UKM, dengan lebih dari 4.000 unit UKM yang sudah menjadi konsumen Perseroan dan berpotensi akan bertambah.

Tentunya hubungan dengan UKM ini sudah dibangun sejak lama dan dengan mempertahankan kualitas yang konsisten memperkuat customer intimacy, tidak menutup kemungkinan konsumen dari segmen UKM akan terus bertumbuh.                     

“Kami mengerti pentingnya tepung terigu bagi UKM yang bergerak di bidang konsumsi, oleh karena itu TRGU akan memasarkan lebih banyak produk untuk segmen tersebut yang membuat Perusahaan terus menambah kapasitas produksi.,” kata Indra Irawan, Direktur Utama TRGU.     

Di samping tepung terigu untuk berbagai kebutuhan makanan, Cerestar Indonesia juga memproses olahan hasil sampingan gandum  yang  mereka  dapatkan  dari proses produksi untuk dijadikan bahan baku pakan ternak. TRGU percaya bahwa potensi hasil yang bisa mereka dapatkan di masa depan bisa mencapai tiga kali lipat.

Dalam mengembangkan lini bisnis ini, TRGU sudah mempersiapkan infrastruktur yang lengkap produksi dan distribusi bahan baku untuk pakan ternak, termasuk pergudangan, pengemasan,  dan  lain-lain.  Fasilitas gudang mereka diperkirakan beroperasi di triwulan ketiga 2023.

SF-Admin