Tak bisa dipungkiri, kemudahan menggunakan ponsel sehari-hari tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor.  Salah satu hal yang paling membuat perbedaan adalah kemampuan sistem antarmuka yang diusung.

Sistem antarmuka memungkinkan pengguna untuk melakukan personalisasi sesuai preferensinya. Melalui One UI 5.1, Samsung berupaya untuk menghadirkan pengalaman mobile terbarukan kepada pengguna dengan memberikan kontrol yang lebih besar atas smartphone mereka.

Samsung memahami kebutuhan sistem antarmuka yang mumpuni bagi setiap penggunanya. Untuk itu, Samsung menyematkan sistem antarmuka One UI 5.1, yang diciptakan dengan berbagai macam fitur kustomisasi, keamanan, dan aksesibilitas baru yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan personalisasi hingga menuangkan kreativitasnya.

One UI 5.1 merupakan sistem antarmuka terbaru dari Samsung yang menggunakan basis sistem operasi Android 13. Sejumlah fitur unggulan hadir dalam sistem antarmuka ini, di antaranya Expert RAW dan Photo Remaster, smart widget, hingga penggunaan filter foto dengan sangat mudah.

Selain itu, kelebihan One UI 5.1 juga menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan personalisasi perangkat seperti mengedit dan meng-customize display lock dan home screen sesuka hati.

Dengan One UI 5.1, pengguna dapat menginstal aplikasi apa pun dan melakukan semua penjelajahan aplikasi dan fitur penyesuaian.

Terkait personalisasi perangkat, ada satu aplikasi yang bisa membuat pengalaman personalisasi makin epic, yaitu Good Lock. Ini merupakan harta karun alat kustomisasi yang memungkinkan pengguna mengubah hampir setiap aspek antarmuka, tidak terbatas pada layar kunci, item menu, dan banyak lagi.

Good Lock bersifat eksklusif untuk perangkat Samsung. Produsen menggunakan Galaxy Store miliknya untuk mendistribusikan perangkat lunak ini.

Aspek yang perlu diperhatikan dalam Samsung Good Lock adalah utilitas yang disebut “Task Changer”. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengadaptasikan gaya berdasarkan tampilan aplikasi dan game yang baru saja digunakan untuk mengakses elemen-elemen ini dengan lebih baik.

Selain itu, dapat memodifikasi wallpaper yang digunakan atau mendesain kreasi sendiri kapan saja, untuk memberikan sentuhan yang lebih personal pada antarmuka.

Langkah-langkah untuk menginstal Good Lock Module di Samsung Galaxy S23 Series 5G

Unduh Aplikasi Good Lock

Unduh aplikasi ini dari Galaxy Store, tidak tersedia di Google Play Store. Setelah penginstalan selesai, ketuk untuk membukanya dan menyetujui semua syarat dan ketentuan untuk menggunakannya.

Pilih Modul

Pilih modul apa pun yang dibutuhkan. Jika ingin menyesuaikan keyboard, pilih Keys Café. Demikian pula, untuk kustomisasi Wallpaper, bisa memilih Wonderland, dan seterusnya.

Instal Modul Kunci yang Baik

Setelah memilih modul, lalu instal di Samsung Galaxy S23 Series 5G. Bersabarlah, karena akan membutuhkan sedikit waktu untuk menginstal, jadi tunggu beberapa menit.

Buka Modul Dan Sesuaikan Telepon Anda

Pada akhirnya, ketuk untuk membuka modul, untuk menyesuaikan telepon sesuai kebutuhan. Selain itu, aksi ini akan me-rooting ponsel tetapi dengan cara resmi. Misalnya, jika seseorang menginstal modul Keys Café. Kemudian mengubah tema Keyboard Samsung, mengubah warna, warna tombol, warna latar belakang, suara tombol, dan efek suara masing-masing.

Unduh Modul Lain

Selain itu, bisa juga mengunduh semua modul Good Lock di Samsung Galaxy S23 Series 5G, karena tidak ada batasan untuk itu.

Selanjutnya, coba kita bahas apa saja isi dari masing-masing modul yang ada di Samsung Good Lock:

Operasi Satu Tangan+

Navigasi gerakan telah mengubah cara kita berinteraksi dengan ponsel menjadi lebih baik, tetapi di ponsel Samsung, segalanya jadi lebih baik lagi dengan One Hand Operation+ dari Good Lock. Modul ini memperluas kontrol gerakan ke kedua sisi layar, dan bisa menambahkan hingga tiga tindakan berbeda di setiap sisi.

Sapuan lurus sederhana dapat bertindak sebagai tombol kembali, sementara menggesek ke atas dan ke bawah secara diagonal dapat membuka menu aplikasi terbaru dan panel notifikasi.

Pengguna juga dapat menyesuaikan lebar dan posisi pegangan untuk gerakan, atau menetapkan tindakan gesek panjang jika menginginkan lebih banyak opsi.

Pegangan secara otomatis bergerak di atas keyboard, sehingga tidak mengganggu pengetikan, dan gerakan juga menampilkan animasi yang halus.

KeysCafe

Modul Good Lock lain yang seru untuk digunakan adalah KeysCafe, yang bisa untuk membuat keyboard terpersonalisasi dan menyediakan opsi lain tanpa akhir. Dari mengubah ukuran dan warna kunci hingga mengutak-atik sub-legend, ada banyak sekali kombinasi untuk dijelajahi. Bisa juga mengubah seluruh tata letak jika diinginkan atau membuat dan menyimpan banyak keyboard, dan beralih di antaranya.

RegiStar

Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda mengetuk dua kali bagian belakang ponsel untuk melakukan suatu tindakan. Tidak ada fitur seperti itu di Samsung Galaxy S23 Series 5G secara default, tetapi dapat menambahkannya menggunakan modul RegiStar di Good Lock.

RegiStar memungkinkan pengguna menetapkan salah satu dari banyak tindakan termasuk mengambil tangkapan layar, mengakses Asisten Google, dan lainnya. Pengguna juga dapat menetapkan tindakan ke ketukan tiga kali, yang berarti dapat menetapkan lebih dari satu tindakan pada waktu tertentu.

Selanjutnya, modul Pentastic juga pantas disebutkan secara khusus karena memungkinkan pengguna  mengubah perilaku S Pen, begitu pula modul seperti Wonderland dan NotiStar.

Dari semua kemudahan personalisasi di atas, sepertinya kehadiran Samsung Good Lock merupakan hal yang paling dicari pengguna Samsung, karena memiliki ponsel yang mencerminkan personalisasi pribadi adalah impian setiap orang.

SF-Admin