Disadari, teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) di Indonesia saat ini sudah semakin terlihat dan diterapkan di berbagai bidang.
Satu di antaranya merupakan bidang customer service atau pelayanan pelanggan. Hal ini telah dibuktikan oleh AI Rudder, sebuah perusahaan perangkat lunak yang memanfaatkan kekuatan otomatisasi suara kecerdasan buatan.
Resmi meluncurkan inovasi kecerdasan suara, AI Rudder menghadirkan VoiceGPT yang semakin memperkuat bidang pelayanan pelanggan dengan memberikan pengalaman berkomunikasi dengan bot layaknya dengan manusia.
“Meskipun chatbot atau voicebot dapat membantu dalam layanan pelanggan, respons yang diberikan cenderung tidak berbeda jauh dari respons yang diberikan oleh bot pada umumnya,” ungkap Teng Ren, CEO & Founder AI Rudder pada acara peluncuran di Hotel Le Meridien Jakarta (8/6/23).
Namun, dengan kehadiran VoiceGPT yang memiliki kemampuan pemrosesan bahasa alami yang kuat, pelanggan dapat mengalami pengalaman baru di mana mereka merasakan respons seperti yang diberikan oleh manusia, seolah-olah mereka sedang berbicara dengan orang sungguhan.
Pada peluncurannya, Bianca Cheng, Vice President; Head of Global Sales & Success AI Rudder juga menjelaskan bahwa VoiceGPT berfokus dalam menciptakan proses percakapn dua arah yang alami.
“VoiceGPT mengedepankan komunikasi dua arah dengan dukungan AI Rudder LLM (Large Language Modul) yang mampu menangani percakapan dupleks yang kompleks untuk membuat AI mengetahui kapan harus berhenti dan mendengarkan dalam percakapan dua arah dengan pelanggan,” jelasnya.
Acara peluncuran ini dihadiri oleh audiens dari sejumlah lembaga perbankan terkemuka di Indonesia. Menjadi salah satu perwakilan dari perbankan, Veronika Susanti selaku EVP of Digital Lending Division Head Bank OCBC juga menyampaikan bahwa hadirnya VoiceGPT telah mampu mendukung pada bidang pelayanan pelanggan.
“Sebagai bank konvensional, OCBC memiliki banyak tantangan pada bidang digital lending, karena sebagian besar pekerjaan masih dilakukan secara manual. Kami menyadari bahwa manusia tidak dapat bekerja 24 jam sehari, dan kehadiran VoiceGPT ini sangat membantu untuk meningkatkan pelayanan kami,” pungkasnya.
Kemampuan memproses bahasa alami yang tajam memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem melalui percakapan verbal menggunakan bahasa alami mereka sendiri. Hal ini memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi dan melakukan transaksi.
Dengan keaslian suara dan serupa dengan manusia yang dihasilkan VoiceGPT menciptakan pengalaman yang lebih personal dan menyenangkan bagi pelanggan. Keaslian suara manusia ini juga dapat meningkatkan kepercayaan dan ikatan antara pelanggan dan bisnis.
Dengan kemampuan analisis data yang canggih, VoiceGPT mampu melakukan analisis data yang mendalam, sehingga bisnis dapat mengumpulkan dan menganalisis wawasan berharga dari interaksi suara dengan pelanggan untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka.
Peluncuran VoiceGPT merupakan tonggak penting bagi AI Rudder dalam menghadirkan inovasi di bidang kecerdasan buatan. Dengan kemampuan unggulan dalam pemrosesan bahasa alami dan suara yang realistis, VoiceGPT diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara interaksi manusia dengan teknologi di sektor perbankan dan industri lainnya.
“AI Rudder menyambut baik tanggapan positif dari tiap pelaku bisnis, perbankan, dan industri terkait terhadap peluncuran produk terbaru kami. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memperkuat VoiceGPT berdasarkan feedback dari pengguna dan pelanggan mereka,” tutup Teng Ren.
SF-Admin