Industri seperti e-commerce, fintech, dan aplikasi pesan-antar makanan memperoleh pengguna dalam jumlah besar selama pandemi. Para pengguna ini, yang banyak di antaranya dipaksa untuk online lebih cepat dari yang seharusnya, berperilaku dengan cara yang unik, sehingga menimbulkan tantangan bagi model pengguna pada umumnya di industri adtech.

Untuk menjawab tantangan ini, penyedia teknologi pemasaran futuristik, Xtend meluncurkan mesin AI penargetan ulang kelas dunia, dan membuka kantor pusat globalnya di Singapura.

Perusahaan ini menjadi tuan rumah bagi mitra e-commerce ternama, seperti Tokopedia dan Lazada, dalam acara pratinjau global pada tanggal 20 April. Tim dinamis Xtend yang terdiri dari para ahli di industri ini akan mendukung perusahaan-perusahaan ini untuk menjangkau, mengonversi, dan melibatkan kembali para pengguna mereka.

Dibangun di atas model AI berskala besar, Xtend menyediakan algoritma yang memprediksi berdasarkan profil pengguna yang khas, bukan saluran pemasaran biasa. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengantisipasi interaksi positif pengguna dengan sebuah merek – baik melalui penemuan, perbandingan produk, atau penawaran kilat.

Xtend juga akan menggabungkan sebagian besar inventaris e-commerce kontekstual yang dimiliki dan dioperasikan, yang ditandai sebagai “SHOPit”, untuk menciptakan lingkungan yang lebih asli bagi pengguna untuk berinteraksi dengan penawaran e-commerce di luar platform inti mereka.

Melalui SHOPit, sebagai sebuah platform solutif yang bersifat plug and play serta agnostik, Xtend dapat secara akurat menunjukkan penyimpangan dalam perjalanan pengguna dan secara efektif membantu bisnis menargetkan ulang menggunakan skenario pengguna yang unik dan disesuaikan, serta kreasi asli berupa AI Generated Content (AIGC). 

Acara peluncuran Xtend menampilkan diskusi terbuka antara para pemimpin utama industri tentang masa depan pemasaran serta kemampuan untuk mengidentifikasi dan melayani pengguna melalui proses komunikasi yang bermakna, dengan tidak adanya cookie dan ID pengguna aplikasi, yang semuanya diperkirakan akan ditinggalkan pada tahun 2024.

Dipimpin oleh para veteran industri dan eksekutif berdarah muda yang berasal dari perusahaan-perusahaan seperti RTB House, Criteo, Tencent, dan lainnya, tim bertabur bintang Xtend memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang AI dan teknologi periklanan.

Xtend secara resmi diluncurkan awal tahun ini, dan secara bertahap akan diluncurkan secara global di Asia, EMEA, CIS, Amerika Latin, dan AS pada kuartal 2 dan 3 tahun 2023.

“Xtend adalah inovasi perintis yang dibuat oleh tim global dengan pengalaman penargetan ulang yang kaya untuk memenuhi kebutuhan mitra kami. Ini menggabungkan praktik terbaik dari solusi teknologi pemasaran di seluruh inventaris yang dimiliki & dioperasikan dan terprogram,” ujar Karam Malhotra, Chief Executive Officer dari Xtend.

“Kami sangat antusias untuk memulai debut di tengah generasi AI yang baru, mengingat setiap bagian dari mesin dan alur kerja kami sangat terintegrasi dengan AI, sehingga memberikan efisiensi,” lanjutnya.

“Industri adtech sedang mengalami transformasi besar. Pada tahun 2024, cookie dan ID Iklan dari perusahaan teknologi besar akan menjadi tidak relevan. Sementara itu, perilaku belanja berkembang dengan sangat cepat. Di Indonesia, terdapat hampir US$4 miliar yang dibelanjakan setiap tahunnya, namun kurang dari 10% yang terjadi di dalam platform, yang menandakan adanya peluang,” kata Rajeev Bala, Digital Marketing Head dari Gojek-Tokopedia (GoTo).

“85% pencarian dalam platform didasarkan pada kategori, bukan merek, dan data transaksional seperti itu sangat berharga karena memungkinkan kami untuk menargetkan saluran tengah secara efektif. Bekerja sama dengan Xtend membuka peluang bagi kami untuk memanfaatkan data yang berkualitas secara lebih baik melalui teknologi AI yang canggih, mengaktifkan kembali sebagian besar pengguna kami, dan meningkatkan pendapatan kami secara keseluruhan,” pungkas Rajeev.

Xtend bertindak sebagai mesin pemasaran kinerja skala besar yang memiliki kemampuan untuk membantu para pemasar menemukan petunjuk yang tepat di tengah-tengah kebisingan.

Sebagai cabang dari SHAREit Group, Xtend akan membantu perusahaan dan pemasar untuk menargetkan ulang pengguna aplikasi mereka dengan menyediakan toko serba ada demi menjalankan kampanye yang memberikan ROI paling efektif di dalam dan di luar ekosistem SHAREit, seperti yang diperlukan.

SF-Admin