Tak terasa, selama 2021 lalu kita menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, mulai dari work from home, school from home, hingga kebiasaan berbelanja online yang membuat rumah menjadi terasa penuh.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki ruang agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan leluasa. Memasuki minggu kedua di tahun 2022, pastinya banyak yang sudah menyusun resolusi untuk dijalankan sepanjang tahun ini.

Salah satu resolusinya adalah memiliki rumah bersih, rapi dan ruang yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai resolusi tersebut adalah decluttering

Decluttering membawa segudang manfaat, seperti menemukan ruangan yang sebelumnya tidak pernah terduga pernah ada karena dipenuhi barang-barang tidak digunakan. Selain itu, kegiatan decluttering juga berguna untuk menciptakan ruang baru yang dapat menunjang rutinitas dan hobi baru.  

Kegiatan decluttering bukan hanya sekadar kegiatan bersih-bersih. Lebihdari itu, kegiatan ini merupakan aktivitas menyortir barang-barang sehingga bisa menyisihkan benda yang tidak digunakan untuk membantu keadaan rumah menjadi lebih rapi dan nyaman ditempati.

Melakukan decluttering untuk pertama kalinya bisa saja membuat bingung mau memulai dari mana dan sering kali merasa terintimidasi duluan dengan jumlah barang yang begitu banyak. Yuk, simak beberapa tips praktis dari IKEA yang bisa membantu untuk mulai kegiatan decluttering!

Mulai dari satu area terlebih dahulu 

Tantangan yang sering ditemui saat ingin melakukan decluttering adalah bingung harus mulai dari mana. Bahkan situasi ini sering kali mengganggu kesehatan mental penghuni rumah.

Menurut Sophie Scott, ahli saraf kognitif di University College London, merapikan rumah akan membantu untuk meningkatkan hormon neurotransmitter dopamin, yang dikenal sebagai brain’s pleasure chemical yang membuat jadi senang dan meningkatkan mood.

Oleh karena itu, decluttering adalah salah satu solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan mental juga.

Untuk lebih fokus saat melakukan decluttering, bisa memulai dari area rumah yang paling membutuhkan perubahan, seperti ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, atau dapur.

Gunakan rak penyimpanan serbaguna seperti EKENABBEN yang fungsional dan serbaguna serta cocok digunakan untuk ruangan apapun. Lakukan satu per satu dan secara perlahan. Remember, every small step is progress! 

Gunakan metode empat kotak

Siapa yang tidak kenal KonMari, yang memperkenalkan banyak metode decluttering, salah satunya adalah metode empat kotak yang sangat praktis. Untuk melakukan metode ini, harus mempersiapkan empat kotak kosong untuk membantu menyortir barang-barang yang akan disimpan, dibuang, didonasikan, atau diperbaiki. 

Untuk melakukan metode empat kotak ini, dapat menggunakan TJENA, kotak penyimpanan dengan tutup yang terbuat dari karton dan memiliki tempat genggaman yang nyaman untuk dipindahkan ke mana saja. Kotak ini akan mempermudah saat menyortir barang-barang. 

Menurut Psychology Today, decluttering memiliki manfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Akan menjadi lebih percaya diri ketika harus mengambil keputusan saat melakukan kegiatan decluttering seperti metode empat kotak ini. Selain rumah jadi lebih rapi, juga bisa jadi lebih percaya diri!

Letakkan satu kotak khusus untuk menyimpan barang tertentu

Setelah melakukan metode empat kotak, ambil satu kotak khusus dan namai kotak itu menjadi “maybe box”. Isi kotak ini dengan barang-barang yang dianggap sewaktu-waktu bisa diperlukan atau merasa sayang untuk dibuang.

Untuk melakukan kegiatan ini, gunakan kotak warna warni dan berpola lucu seperti, UPPRYMD dan DRONA dari IKEA untuk membedakan barang-barang sesuai dengan kategorinya. Letakkan di tempat yang dapat terjangkau, dan jika dalam tiga bulan tidak menggunakan barang dari kotak tersebut, maka itu tandanya untuk mengucapkan selamat tinggal pada mereka. 

Dengan melakukan tips ini, decluttering juga jadi lebih bersyukur dan mengapresiasi apa yang dimiliki. Barang-barang yang sudah tidak terpakai dari maybe box ini dapat dikumpulkan dan didonasikan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Atur lemari dengan menggunakan organizer

Pakaian, alat masak, aksesori dan sepatu adalah jenis barang yang cenderung banyak dibeli dan tanpa sadar menumpuk di berbagai sudut rumah. Setelah memilih barang-barang yang diperlukan, ini saatnya untuk mengatur barang-barang tersebut. 

Lemari akan sangat berguna untuk menyimpan barang-barang agar terlihat rapi. Selain itu, kotak kecil atau sekat pemisah seperti SKUBB, STUK, dan RASLA dapat membantu untuk menaruh barang-barang kecil di dalam lemari. Selalu ingat untuk mengembalikan barang di tempat semula agar lemari tetap rapi dan terorganisir. 

Menjadikan decluttering sebagai rutinitas. 

Untuk mencegah penumpukan barang terulang lagi, ada baiknya melakukan decluttering secara konsisten setiap tiga atau enam bulan sekali. Dengan mengimplementasikan tips yang telah dibagikan, kini merapikan rumah akan menjadi cepat dan tidak melelahkan.

Selain itu rutinitas decluttering akan membantu untuk mencari barang dengan cepat, serta menciptakan suasana rumah yang aman, nyaman, serta higienis. 

Decluttering sekilas terlihat sebagai kegiatan bersih-bersih belaka, namun ternyata kegiatan ini memiliki segudang manfaat positif yang akan memicu rasa bahagia dan cukup dengan apa yang dimiliki. IKEA sangat menyarankan untuk melakukan decluttering agar kehidupan lebih baik dapat tercipta di rumah. 

Berbagai produk organizer IKEA dapat membantu dalam melakukan decluttering. Mulai dari kotak PAPPIS untuk menyimpan barang yang sudah dipilah, hingga kotak dengan kompartemen SKUBB untuk menyimpan barang dengan rapi di lemari.

SF-Admin