Yuk, Simak Kisah Seru Content Creator Likee Star Idol Season 2

Era digital menciptakan profesi baru terutama di dalam industri kreatif, salah satunya yaitu menjadi content creator. Menjadi seorang content creator yang memiliki banyak penggemar, menjadi cita-cita yang diidamkan para generasi milenial dan Gen Z. Banyak platform media sosial yang tersedia untuk mereka mengasah kreativitas dan mewujudkan impiannya.

Salah satunya Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka yang berbasis di Singapura, yang memberikan ruang untuk para penggunanya berekspresi. Setelah sukses dengan kontes pencarian content creator berbakat yaitu Likee Star Idol Season 1, Likee kembali mengadakan kontes Likee Star Idol Season 2 yang berlangsung pada 8-26 Maret lalu.

Likee pun telah menemukan lima content creator berbakat yang masing-masing mempunyai latar belakang yang berbeda-beda dan kisah perjalanan karir yang menarik dan sangat menginspirasi.

Siapa saja sih pemenangnya dan bagaimana kisah inspiratif mereka? Yuk disimak!

Ihsan Tarore gunakan konten video pendek untuk sapa penggemar

Popularitas tidak membuat Ihsan Tarore berhenti untuk berkarya. Meski sudah menjadi penyanyi dan pemain sinetron ternama di Indonesia, Ihsan tetap menunjukkan bakatnya melalui video pendek di Likee dan menjadi juara pertama kontes ‘Likee Star Idol Season 2’. Untuk Ihsan, membuat konten video pendek adalah hal yang baru, menyenangkan, dan membawa dampak positif.

“Ternyata susah banget untuk membuat video pendek yang bagus. Aku sendiri masih belajar pelan-pelan. Tidak ada salahnya mencoba untuk bermain Likee dan membuat konten kreatif. Di sana kita bisa mendapatkan berbagai hal positif dan mengekspresikan diri,” ujar Ihsan.

Bagi Ihsan membuat konten video pendek merupakan caranya dalam menyapa para penggemarnya dan pengguna lain Likee. Ia tidak segan membagikan pengetahuan tentang kesehariannya di backstage. “Karena lockdown akibat pandemi Covid-19, aku jadi sulit untuk bertemu penggemar. Satu-satunya cara untuk tetap terhubung dengan mereka adalah melalui platform media sosial seperti Likee ini,” katanya.

 

Diki Irawan, pengusaha bakso yang sukses jadi content creator

Selain Ihsan, Diki Irawan atau yang lebih dikenal dengan nama Sahabat Awan, juga berhasil menjadi salah satu content creator berbakat Likee. Ia kerap menampilkan video pendek bertemakan drama yang telah membuatnya mampu mendapatkan lebih dari dua ratus ribu pengikut hanya dalam beberapa bulan.

Siapa sangka, pandemi Covid-19 mendorong Awan menjadi seorang content creator? Awan merupakan pemilik warung bakso di Bali. Bisnis ini ia jalankan bersama kakaknya. Namun, pandemi membuat pulau Dewata itu semakin sepi pengunjung dan berimbas pada usaha bakso miliknya. Meski situasi tidak mendukung, Awan tidak menyerah dan mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saat itulah ia memulai karirnya sebagai content creator. Berkat kegigihannya, saat ini ia bisa mencukupi kebutuhannya dengan menggunakan pendapatannya dari Likee, seperti menyewa indekos.

“Awalnya aku cuma coba-coba asal saja dan tidak percaya kalau aku akan berpenghasilan dari membuat konten. Saat aku beralih ke konten drama komedi, tiba-tiba konten aku menjadi salah satu video yang ada di halaman beranda Likee dan dilihat banyak orang. Ini yang membuat aku ketagihan untuk membuat konten,” kata Awan. “Likee sangat mengubah kehidupan aku, terutama perekonomian, misalnya aku masih bisa mengirim uang untuk keluarga dan adik untuk sekolah berkat penghasilan dari Likee.”

 

Pernah alami perlakuan buruk dari teman tidak hentikan Dani Saputra untuk berkarya

Perjalanan menjadi seorang content creator tidaklah selalu mulus seperti kelihatannya. Dani mengungkapkan beberapa tantangan yang dihadapinya saat menjadi content creator. Permasalahan pertama datang dari orang tua yang belum memahami profesi content creator. Bagi mereka, membuat konten hanya dianggap kegiatan yang membuang waktu. Meski demikian, anak kelahiran Yogyakarta ini terus membuktikan kemampuannya hingga mendapatkan penghasilan sendiri bahkan mendukung orang tuanya. Pada akhirnya mereka mendukung penuh kegiatan dan karirnya.

Tidak berhenti di sana, Dani pun mengalami perlakuan buruk dari teman-teman sebayanya. Ia pernah mendapatkan ejekan hingga di-bully saat pertama kali konten video pendeknya viral. “Awalnya aku hanya bersabar menghadapinya. Aku tetap berkarya dan berusaha membuktikan kalau aku bisa sukses. Bahkan mungkin dari teman-teman aku, aku yang sudah mempunyai penghasilan sendiri,” cerita Dani.

Hasil kerja kerasnya selama ini berbuah manis. Kini Dani bisa menjadi content creator sukses dan mempunyai pemasukan yang diperoleh dari hasil jerih payahnya sendiri. Terlebih lagi, Dani bisa menginspirasi teman-teman yang pernah mengejeknya untuk menjadi content creator. Faktanya beberapa temannya saat ini sudah mempunyai akun Likee dan mulai berkarya.

 

Faizal Saputra dapatkan dorongan dari ibu dan kakaknya yang juga content creator

Keluarga merupakan adalah support system pertama untuk kita dalam mencapai kesuksesan. Hal inilah yang dirasakan Faizal Saputra dalam perjalanannya menjadi content creator. Orang pertama yang mendorongnya untuk memulai menjadi content creator adalah ibunya, yang ternyata sudah memulai menjadi content creator lebih dulu. Ditambah lagi, sang kakak juga adalah seorang content creator.

“Awalnya tidak terpikirkan sama sekali untuk jadi content creator, tetapi kakak dan  ibu yang content creator sering ajak aku untuk membuat konten. Akhirnya, kami saling dukung satu sama lain untuk membuat konten kreatif dan bersenang-senang. Ibu sering buat konten dan menyemangati aku juga untuk membuat hal yang sama. Kami juga sering mencari ide dan buat konten bareng,” ujar anak laki-laki berusia 17 tahun itu.

Faizal juga mengungkapkan dirinya mau menjadi independen atau tidak lagi bergantung pada keluarganya dalam hal keuangan. Maka dari itu, ia giat membuat konten untuk mendapatkan penghasilan sendiri.

 

Sikap pantang menyerah  Nasya Kaila Azifa membawanya menjadi content creator sukses

Sama seperti cerita Dani, pengalaman diejek orang lain juga pernah dialami Nasya Kaila Azifa atau yang sering dipanggil Nasya. Pemenang kontes ‘Likee Star Idol Season 2’ termuda dengan usia 15 tahun ini kerap mendapat ejekan ‘alay’ dari teman-temannya.

“Aku juga sering dibilang ‘alay’ sama orang-orang. Tapi, itu terserah mereka saja. Aku cuek saja, tidak terlalu memusingkan apa kata orang. Aku cuma bisa tetap berkarya dan berjuang. Kalau konten aku hasilnya kurang memuaskan, berarti aku harus kerja keras lagi untuk memperbaikinya,” jelas gadis kelahiran Pekanbaru ini.

Namun, yang terpenting Nasya mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya. Menurut sang ibu, platform video pendek seperti Likee membawa banyak dampak positif, seperti mengasah kreativitas. Nasya pun mampu menyalurkan hobi makannya ke dalam rupa konten untuk menghibur para penggemarnya.

Meski kelima pemenang kontes ‘Likee Star Idol Season 2’ ini mempunyai latar belakang yang berbeda, tetapi semuanya memiliki semangat untuk menjadi content creator yang sukses. Kisah mereka juga memberi tahu kita bahwa tidak selalu mudah untuk menjadi seorang content creator. Namun, mereka tetap berusaha hingga akhirnya menjadi sukses dan dapat dikenal banyak orang dari kontes ini.

Apakah kamu ingin menjadi seperti mereka? Saat ini musim ketiga dari ‘Likee Star Idol’ sedang berjalan hingga 29 April 2021. Jangan ragu untuk unduh aplikasi Likee sekarang untuk cari tahu lebih detail tentang kontesnya.  Semoga kamu content creator berikutnya yang berhasil memenangkan kontes ini.

Likee memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Oleh karena itu, Likee memperoleh peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee juga memperoleh posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower.

Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

 

SF-Admin