Z Holdings Umumkan Merger YJ Capital dan LINE Ventures

Z Venture Capital Corporation

Z Holdings Corporation (“ZHD”) mengumumkan jika YJ Capital Inc. (“YJC”), anak perusahaan terkonsolidasi milik ZHD, dan LINE Ventures Corporation (“LVC”) telah bergabung, dengan YJC sebagai perusahaan penerusnya. YJC mengganti nama menjadi Z Venture Capital Corporation (“ZVC”) dan akan mulai beroperasi mulai hari ini.

ZVC mengombinasikan layanan investasi corporate venture capital (CVC) dengan berbagai aktivitas ZHD dan LINE Corporation (“LINE”) setelah proses integrasi bisnis dan transisi ke struktur perusahaan baru ZHD Group rampung.

ZVC juga meluncurkan dana sebesar 30 miliar yen, Kerjasama Investasi ZVC 1”, menjadikan program ini sebagai salah satu CVC terbesar di Jepang. Dana ini akan fokus untuk disalurkan di Jepang dan pasar global, termasuk Korea Selatan, China, dan Asia Tenggara.

Sebagai salah satu CVC terbesar di Jepang, ZVC akan menyalurkan investasi baik di dalam maupun luar negeri guna memaksimalkan nilai perusahaan startup dan menciptakan kolaborasi bisnis yang sama-sama menguntungkan, yang akan memperkuat kedua belah pihak, yakni startup dan ZHD Group.

“CVC dari Yahoo! JAPAN dan LINE menjadi satu. Dengan menyediakan dana pertumbuhan kepada berbagai perusahaan startup, dan akses kepada ekosistem ZHD, kami menyambut kerjasama terpadu untuk melakukan evolusi pada berbagai layanan kami dan menciptakan masyarakat serta hari esok yang lebih baik. ZVC yang baru akan memberikan pelayanan sebagai partner guna membantu menciptakan masa depan,” kata Shinichiro Hori, CEO ZVC.

 

Area Investasi

Investasi Jepang

Untuk kembali menekankan tujuan ZHD guna menjadi perusahaan teknologi AI terdepan berskala global dari Jepang dan Asia, kami akan menciptakan nilai dan sinergi baru melalui pengaplikasian teknologi data dan AI. ZVC akan berinvestasi secara aktif di berbagai area seperti pelayanan kesehatan, keamanan siber, dan perangkat lunak B2B, serta di berbagai  kesempatan yang sesuai dengan tiga bisnis inti ZHD, yakni commerce, media, dan teknologi keuangan.

Secara khusus, ZVC bermaksud untuk mendukung pertumbuhan startup secara berkelanjutan dengan melakukan investasi di semua tahapan bisnis startup, mulai dari startup yang baru memulai dari awal ke tahap pertengahan hingga tahap akhir yang tengah mencari dukungan untuk berkembang lebih jauh. ZVC juga akan menciptakan berbagai kesempatan untuk kolaborasi bisnis antara portofolio perusahaan degan ekosistem ZHD Group yang lebih luas, dan mendukung pengembangan bisnis mereka di luar negeri.

Investasi Global

ZVC akan fokus untuk investasi global di Korea Selatan, Asia Tenggara, dan Amerika Serikat serta China, serta akan mengambil pendekatan fleksibel di dalam investasi miliknya berdasarkan tren pasar dan pengetahuan lokal.

Secara prinsip, ZVC merupakan agnostik-sektor tetapi secara strategis akan fokus di sektor-sektor lain termasuk Internet pelanggan, e-commerce, teknologi keuangan, dan O2O/mobilitas. Pada waktu yang bersamaan, ZVC akan menganalisa bidang-bidang AI, robot, deep tech dan blockchain di pasar-pasar maju seperti Amerika Serikat.

 

Dukungan untuk Startups

ZHD merupakan salah satu perusahaan internet Jepang terbesar dengan lebih dari 200 layanan yang ditawarkan serta memiliki sekitar 23,000 karyawan. ZHD Group akan memanfaatkan seluruh ekosistem global miliknya setelah integrasi bisnis antara ZHD dan LINE, dan memberikan peluang pertumbuhan berkelanjutan bagi para startup.

  1. Peluang aliansi bisnis

Kompetisi penawaran ide terbaik dan wawancara tatap muka dengan tujuan menciptakan peluang aliansi bisnis antara layanan yang ditawarkan oleh ZHD Group dan startup

  1. Berbagi pengetahuan

Berbagai macam bisnis dan pengetahuan teknis ZHD di bidang media, commerce, dan fintech akan menjadi keuntungan tersendiri bagi portofolio perusahaan

  1. Dukungan implementasi produk dan kegiatan pemasaran

Membuka peluang untuk para startup untuk mengirimkan proposal produk mereka ke perusahaan ZHD Group.

  1. Dukungan ekspansi global

ZHD akan mendukung startup yang ingin melakukan ekspansi secara global dengan memanfaatkan jaringannya yang luas yang menjangkau hampir 230 negara dan wilayah tempat layanan ZHD ditawarkan. ZHD akan memberikan dukungan multifaset untuk ekspansi luar negeri dan pertumbuhan bisnis global, termasuk riset pasar luar negeri, pengetahuan sektor yang berhubungan secara mendalam, dan dukungan jaringan secara keseluruhan, untuk menciptakan peluang kolaborasi bisnis.

 

SF-Admin