
markettrack.id – Pasar katering B2B di Indonesia masih memiliki potensi besar. Di Jakarta dan Jawa Barat saja, segmen pasar bisnis ini diperkirakan bernilai lebih dari Rp1.000 triliun (setara dengan US$62 miliar).
Dalam beberapa tahun terakhir, Waku mencatatkan pertumbuhan pendapatan tahunan (YoY) sebesar 88% dan berhasil mencapai profitabilitas EBITDA.
Terbaru, operator multi-brand F&B, DailyCo mengakuisisi Wadah Kuliner ( Waku ), perusahaan F&B lokal ternama yang dikenal sebagai pemimpin pasar dalam layanan katering dan pengelolaan kantin terpadu untuk klien korporasi dan pemerintahan.
Berdiri sejak tahun 2017, Waku menawarkan beragam layanan, mulai dari makanan harian, snack box, buffet, coffee break, pengisian pantry, dan lainnya. Pendiri sekaligus CEO Waku, Anthony Gunawan, kini ditunjuk sebagai Chief Human Resources Officer (CHRO) di DailyCo.
Melalui akuisisi terbaru ini, DailyCo kini mengelola salah satu jaringan katering B2B terbesar di Indonesia . Tak hanya itu, DailyCo semakin mempertegas posisinya sebagai pemimpin segmen F&B yang terus berkembang melalui konsolidasi, digitalisasi, dan adaptasi terhadap perubahan tren.
Selama ini, Waku telah melayani lebih dari 10 juta porsi makanan setiap tahun untuk lebih dari 658 klien di 20 kota di Indonesia, dengan tingkat pemesanan ulang (repeat order) mencapai 98%.
Perusahaan ini bekerja sama dengan lebih dari 60 dapur dan memiliki lebih dari 15.000 pilihan menu yang mampu memenuhi berbagai preferensi diet dan kebutuhan untuk beragam jenis acara.
Strategi akuisisi ini bertujuan memperkuat kapabilitas DailyCo dalam menyediakan solusi makanan yang inovatif dan terukur bagi berbagai bisnis dan institusi di seluruh Indonesia.
Brand Waku akan tetap beroperasi sebagai anak usaha yang sepenuhnya dimiliki DailyCo, dengan mempertahankan mitra, sistem, dan basis pelanggan yang ada.
Integrasi akan difokuskan pada sinergi operasional, termasuk infrastruktur dapur, pengadaan, rantai pasok, dan penjualan B2B.
Selain itu, pengembangan bakat dan sinergi internal akan diperkuat melalui peran baru Anthony dalam mengelola manajemen sumber daya manusia dari grup pusat.
Beberapa minggu lalu, DailyCo juga menandatangani kerjasama strategi dengan Kementerian Agama untuk menyediakan makanan siap saji bagi jemaah haji Indonesia.
Kolaborasi ini menjadi sumber pendapatan baru yang signifikan bagi perusahaan, sekaligus babak permulaan yang penting bagi entitas hasil merger ini.
Kompleksitas dan volume tinggi dalam proyek bersama Kementerian Agama akan menjadi ajang pembuktian bagi kemampuan operasional DailyCo dalam melayani klien institusi berskala nasional dengan standar kualitas tinggi.
Sejumlah klien besar lainnya yang telah dilayani Waku antara lain Lazada, Bank Central Asia, BRI Group, Mandiri Group, dan Tokopedia, serta berbagai acara berskala besar seperti Piala Dunia.
Tidak seperti perusahaan-perusahaan lain yang melakukan aksi merger dan akuisisi (M&A) dengan tujuan utama untuk mendapatkan aset-aset produktif – yang sering diikuti dengan pemangkasan biaya dan pengurangan karyawan – DailyCo justru mengambil pendekatan yang berbeda.
Perusahaan ini fokus pada strategi pertumbuhan jangka panjang, menggunakan langkah merger & akuisisi sebagai sarana untuk memperluas kapabilitas SDM, mempertahankan talenta terbaik, dan memperkuat kapasitas organisasi.
Setiap akuisisi dirancang untuk menciptakan nilai jangka panjang yang jauh melebihi pertimbangan finansial semata.
Pendiri dan CEO DailyCo, Kelvin Subowo, mengatakan, “Di DailyCo, kami bukan hanya mengakuisisi bisnis – tapi kami berinvestasi pada orang-orang di baliknya. Sejak awal, kami melihat potensi hebat dari kemampuan Anthony membangun tim yang solid, yang terinspirasi dari budaya kerja perusahaan-perusahaan kelas dunia.”
“Budaya internal Waku yang sangat kuat menjadi alasan utama dari kinerja tinggi perusahaan, sehingga kami yakin bahwa penunjukan Anthony sebagai CHRO sangat tepat untuk mereplikasi keberhasilan tersebut di seluruh DailyCo,” lanjutnya
Anthony Gunawan, yang kini resmi menjabat sebagai CHRO DailyCo , menambahkan, “Bergabung dengan DailyCo membuka peluang baru untuk memperluas dampak yang kami berikan, sekaligus menjaga misi dan DNA Waktu agar tetap utuh.”
“Bersama-sama, kami tidak hanya membangun bisnis yang lebih besar, tetapi juga menetapkan standar baru dalam segmen katering B2B agar terus konsisten, terukur, dan berkualitas tinggi,” pungkasnya
Akuisisi ini juga menjadi langkah penting dalam ambisi DailyCo untuk memimpin sektor layanan katering B2B di Indonesia—sebuah pasar yang tumbuh pesat namun masih sangat terfragmentasi dan didominasi oleh penyedia lokal berskala kecil.
Seiring meningkatnya standar keamanan, kebisingan, dan nutrisi dalam layanan F&B di korporasi dan institusi, DailyCo secara strategis memperluas kapasitas B2B-nya dengan mengakuisisi merek-merek berkinerja tinggi yang memiliki infrastruktur operasional yang kuat—dan Waku adalah salah satu contoh terbaiknya.
DailyCo akan terus mencari peluang strategi akuisisi yang sejalan dengan misi besarnya: yaitu untuk memberi makan bangsa Indonesia. Pihak-pihak yang sejalan dengan misi ini dipersilakan untuk dapat menghubungi tim DailyCo secara langsung.
SF-Admin